Ada Harimau Baru Bernama Wira di KBS

Amaluddin    •    27 September 2015 14:52 WIB
kebun binatang
Ada Harimau Baru Bernama Wira di KBS
Ilustrasi. Foto: AFP/Nicolas

Metrotvnews.com, Surabaya: Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menerima hibah harimau sumatra dari Taman Safari Indonesia. Serah terima harimau bernama Wira itu dilakukan di Kebun Binatang Surabaya (KBS), Minggu, 27 September 2015.

Risma mengatakan proses administrasi hibah satwa ini sudah dilakukan lima bulan lalu. Sampai kemudian bisa diserahkan ke KBS hari ini.

"Karena masalahnya administrasi, maka saya sendiri mengurusnya dan kemudian ditandatangani Pak Dirjen Kehutanan," ujar Risma usai serah terima harimau Wira di KBS.

Risma mengatakan kedatangan Wira bukanlah barter, melainkan hibah atau pemberian dari Taman Safari. "Kita diberi oleh Pak Jansen, jadi bukan barter. Harimau Wira ini adalah hasil kawin silang yang bagus. Ibunya dari hutan liar, artinya dia bagus secara genetik. Dia masih asli dan liar," katanya.

Sebelum kedatangan Wira, kata Risma, jumlah Harimau Sumatera di KBS sebanyak sembilan ekor. Semua memiliki pertalian darah. Sehingga, untuk menghindari inses (kawin sedarah), maka pihak KBS dan TSI melakukan penandatanganan nota kesepakatan untuk kerja sama konservasi.

"Ada sembilan harimau sumatra. Jantannya ada tiga dan semua bersaudara. Untuk menghidari inses sekarang datang Wira," katanya.

Risma memastikan, harimau baru ini tidak memiliki masalah baik administrasi dan riwayat kesehatan. "Administrasi sudah lengkap mulai dari BKSDA Jawa Barat ke BKSDA Jawa Timur sampai Pusat. Insya Allah tidak ada masalah," katanya.

Direktur Taman Safari Indonesia, Jansen Manansang, mengatakan hibah harimau sumatra ini merupakan program perbaruan genetik. Dengan disimpan KBS, dia berharap harimau sumatra bisa berkembang.

"Ini kita hibahkan. Nanti akan kita laporkan ke Departemen Kehutanan. Karena KBS sudah menjadi lembaga konservasi yang bisa memelihara satwa langka, maka sudah layak menerima satwa untuk dikembangkan," katanya.


(UWA)

Video /