2 Anggota Jemaah Haji Solo Meninggal dalam Peristiwa Mina

Pythag Kurniati    •    27 September 2015 15:01 WIB
tragedi mina 2015
2 Anggota Jemaah Haji Solo Meninggal dalam Peristiwa Mina
Ribuan calon haji bersiap melempar jumrah di Mina, Arab Saudi, 4 Oktober 2014 (Foto: AFP/MOHAMMED AL-SHAIKH)

Metrotvnews.com, Boyolali: Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jawa Tengah mencatat, dari data sementara Kementerian Agama Republik Indonesia, dua anggota jemaah haji embarkasi Solo wafat dalam peristiwa Mina, Kamis, 24 September lalu. Haji asal Kota Semarang tersebut adalah Susimah Slamet Abdullah dan Sri Prabandari Markani. Keduanya berasal dari kloter 62.

“Setelah mendengar terjadinya peristiwa Mina, kami berusaha mengontak teman-teman di Arab Saudi. Dari data sementara kemarin, korban yang berhasil diidentifikasi ada 14 anggota jemaah haji Indonesia yang wafat dan enam lainnya masih dirawat di RSAS. Kemudian data terbaru ada tambahan lima orang wafat sehingga menjadi 19 anggota jemaah haji Indonesia yang wafat,” kata Humas PPIH Jawa Tengah, Gentur Rachma Indriadi, saat dihubungi Metrotvnews.com, Minggu (27/9/2015).

Susimah Slamet Abdullah dan Sri Prabandari Markani, menurut Gentur, merupakan haji yang tergabung dalam kloter 62 dan berangkat pada 13 September. Sementara 17 koban meninggal lainnya berasal dari embarkasi Surabaya, Batam, Jakarta-Bekasi, Makassar, dan Banjarmasin. Ada tidaknya jumlah korban tambahan, Gentur mengaku masih terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

Dari data tersebut pula diperoleh sebanyak tujuh orang haji dari embarkasi Solo belum kembali ke pemondokan.

Peristiwa Mina terjadi pada saat jemaah haji sedang melakukan lempar jumrah pada Kamis, 24 September sekitar pukul 07.30 waktu Arab Saudi. Beberapa kelompok haji tiba-tiba berhenti mendadak yang mengakibatkan ratusan orang terinjak-injak. 

Hingga saat ini teridentifikasi 19 anggota jemaah haji asal Indonesia wafat dalam musibah tersebut. Sebelumnya, panitia telah mengimbau jemaah untuk tidak melakukan lempar jumrah di pagi hari karena merupakan puncak kepadatan jemaah haji.



(UWA)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

12 hours Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /