Warga Kota Bandung Bisa Buat SIM secara Online

Octavianus Dwi Sutrisno    •    27 September 2015 16:33 WIB
lalu lintassim
Warga Kota Bandung Bisa Buat SIM secara <i>Online</i>
Ilustrasi antrean SIM. Foto: MTVN

Metrotvnews.com, Bandung: Warga Kota Bandung tak perlu repot mengantre untuk bisa mendapatkan surat izin mengemudi (SIM). Cukup menghadap komputer yang tersambung koneksi internet, mereka bisa langsung mendaftar untuk membuat SIM.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung AKBP Asep Amar melalui Kanit Regident, AKP Ardi, mengatakan Satuan Lalu Lintas Polrestabes Bandung kini tengah menjalankan penerbitan SIM secara online.

"Masyarakat yang berada di luar Kota Bandung sudah bisa membuat SIM di Polrestabes Bandung. Selain itu, masyarakat yang telah memiliki SIM dari daerahnya bisa memperpanjang masa aktif SIM tanpa perlu ke Polrestabes Bandung," kata Ardi, di Bandung, Jawa Barat, Minggu (27/9/2015).

Menurutnya, pembuatan SIM melalui online tak berbeda dengan sistem manual, yakni hanya menyiapkan KTP. "Tidak ada perubahan, biaya sama saja," ujarnya.

Ardi mengaku pengoperasian SIM online ini masih terganjal beberapa kendala teknis. "Kadang masalah jaringan yang agak lambat karena jaringan pusat kan ada di Korlantas Mabes Polri, namun sampai saat ini kita coba seminggu kemarin sudah membaik," katanya.

Peluncuran SIM online, kata Ardi, menunggu arahan Polri. "Kita masih menunggu launching dari Korlantas Mabes Polri, tapi pengoperasiannya sudah berjalan dari Agustus lalu," katanya.

Hingga kini, pembuatan SIM online sudah diterapkan di 45 polrestabes dan polres se-Indonesia.



(UWA)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

17 hours Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /