Bertahan Hadapi Persaingan, Alasan Victoria Insurance IPO

Dian Ihsan Siregar    •    28 September 2015 10:01 WIB
victoria insurance
Bertahan Hadapi Persaingan, Alasan Victoria Insurance IPO
Ilustrasi (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Victoria Insurance Tbk (VINS) mempunyai alasan dalam mencatatkan sahamnya, yakni demi menghadapi persaingan bisnis yang semakin keras. Sehingga perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Langkah ini (IPO) untuk memperkuat jaringan di masa mendatang di mana lebih keras di era keterbukaan dan persaingan tentunya juga lebih keras," ucap Direktur Utama VINS Loekito Saggitariono, di Gedung BEI, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Perseroan resmi mencatatkan sahamnya di BEI pagi ini dengan melepas saham sebanyak-banyaknya 376 juta saham atau setara 25,92 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh.

‎Perusahaan yang bergerak di bidang asuransi ini menjadi emiten ke-13 atau 518 di bursa tahun ini‎ dengan menggunakan kode saham VINS. Pantauan Metrotvnews.com, saham perseroan dibuka naik ke level Rp125 per saham dari harga pembukaan Rp105 per saham.

Level terendah terpantau Rp125 per saham dengan harga tertinggi Rp150 per saham. Saham perusahaan ini ditransaksikan sebanyak delapan kali dengan volume 2.800 lot dan nilainya mencapai Rp35 juta.

Harga yang ditawarkan perseroan sebesar Rp105 per saham dan harga nominal Rp100 per saham. Diperkirakan dana segar yang diperoleh dari IPO ini adalah sebesar Rp39,48 miliar yang nantinya akan dipergunakan untuk membiayai modal kerja perseroan.

Selain mencatat saham. perseroan juga mencatatkan waran berkode VINS-W sebanyak 376 juta di harga pelaksanaan Rp110. Untuk rasionya, satu waran bisa membeli satu saham.

(ABD)