Pendukung Pro Kemerdekaan Menangkan Referendum Catalonia

Willy Haryono    •    28 September 2015 10:19 WIB
referendum catalonia
Pendukung Pro Kemerdekaan Menangkan Referendum Catalonia
Kepala gerakan pro kemerdekaan Catalonia, Artur Mas (tengah), merayakan kemenangan bersama pendukungnya di Barcelona, Spanyol, Minggu (27/9/2015). (Foto: AFP / LLUIS GENE)

Metrotvnews.com, Barcelona: Pendukung pro independen memenangkan referendum Catalonia dengan meraih mayoritas kursi di parlemen regional. 

Kemenangan ini belum otomatis membuat Catalonia berpisah dari Spanyol, namun membuat separatis memiliki modal kuat untuk membicarakannya dengan pemerintah pusat di Madrid. 

Dengan 99 suara masuk yang sudah dihitung, grup "Together for Yes" yang terdiri dari berbagai partai politik, meraih 62 kursi dari total 135 di parlemen regional. 

Pemimpin pro independen Catalonia, Artur Mas, mengklaim kemenangan di tengah sorak sorai ribuan pendukungnya di Barcelona, Minggu (27/9/2015). Massa terus meneriakkan "Merdeka! Merdeka!"

"Sejak awal, kami siap menerima kekalahan. Tapi sekarang, kami minta mereka (pemerintah pusat) menerima kemenangan untuk Catalonia," ujar Mas, seperti dikutip Associated Press. 

"Masih banyak pekerjaan ke depan. Kami tidak akan mengecewakan kalian semua. Kita telah menang, dan itu memberikan kita kekuatan besar untuk mendorong proyek (pemisahan diri) ini bersama-sama," sambung dia. 

Jika aliansi pro kemerdekaan menggabungkan kekuatan dengan partai radikal CUP, yang meraih 10 kursi, maka mereka akan mendapat lebih dari 68 kursi yang dibutuhkan untuk mendorong proyek pemisahan diri dari Spanyol pada 2017.

Pada November 2014, sedikitnya dua juta warga Catalonia mengikuti pemungutan suara referendum kemerdekaan dari Spanyol. Referendum ini dikecam keras pemerintah Spanyol karena tidak memiliki payung hukum.

Ketika itu, Perdana Menteri Spanyol Mariano Rajoy mengatakan referendum "tidak akan memiliki efek apapun."

Namun jutaan warga Catalonia tak bergeming, dan tetap mengikuti referendum. Semangat ini turut dipicu Referendum Skotlandia, yang pada akhirnya sebagian besar warga memilih tetap bersama Kerajaan Britania Raya.



(WIL)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /