Ini Capaian Kementerian ESDM Selama 11 Bulan

Annisa ayu artanti    •    28 September 2015 15:15 WIB
kementerian esdm
Ini Capaian Kementerian ESDM Selama 11 Bulan
Menteri ESDM Sudirman Said (Tengah) ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat beberapa pencapaian yang diukir kementerian selama masa jabatan 11 bulan. Capaian kerja tersebut diantaranya crosscutting (pemotongan perizinan), Dirjen Minyak dan Gas, Dirjen Ketnagalistrikan, Dirjen EBTKE, dan Dirjen Minerba.

"Pertama, crosscutting, penyederhanaan izin dari 218 menjadi 89 izin, sebanyak 63 izin didelegasikan ke PTSP di BKPM, perencanaan dan pemrograman APBN lebih cepat tujuh bulan, konsolidasi organisasi Kementerian ESDM dan BUMN sektor energi, dan pengambilan keputusan lebih transparan," kata Sudirman, Kementerian ESDM, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Kedua, Sudirman menjelaskan capaian yang dilakukan sektor minyak dan gas adalah telah memutuskan nasib blok yang sudah berakhir masa kontraknya seperti Blok Mahakam yang sebelumnya dioperasikan oleh Total dan Inpex sekarang sudah dipegang PT Pertamina. Kemudian, telah melelang 12 wilayah kerja baru.

"Ketiga, sektor listrik pembangkit listrik kita 5.492 megawatt  (mw), PPA ditandatangani. 4.873 mw EPC-PLN konstruksi. 7.855 mw EPC-IPP konstruksi. Kemudian, COD bagian dari 7000 mw yang ongoing sebesar 1.484 mw. Grounbreaking 2.100 mw. Transmisi yang COD 922 Km Sirkuit dan Gardu Indung EPC 2x150 kV," jelas dia.

Keempat, Sudirman menyebutkan telah mencatat hasil lelang wilayah kerja panas bumi dua blok. Kapasitas terpasang pembangkit listrik energi baru dan terbarukan panas bumi 1.438 mw, bionergi 1.740 mw, Air 5.350 mw,  Surya 71 mw, Angin dan hybrid 4 mw.

"Kalau di sektor Minerba, pembangunan smelter lebih 30 persen sebanyak 71. Smelter yang baru beroperasi enam. Dan amandemen PKP2B ada 10," tutup dia.



(SAW)

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino
Jelang Real Madrid vs Tottenham Hotspur

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino

1 hour Ago

Penampilan Isco musim ini ternyata mendapat perhatian dari pelatih Tottenham Hotspur Mauricio P…

BERITA LAINNYA
Video /