Pembangunan Konstruksi Bisa Bersamaan dengan Pengurusan Izin

Eko Nordiansyah    •    28 September 2015 15:28 WIB
deregulasi
Pembangunan Konstruksi Bisa Bersamaan dengan Pengurusan Izin
Kepala BKPM Franky Sibarani (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani mengatakan, deregulasi perizinan investasi yang dikeluarkan oleh pemerintah akan memberikan kemudahan untuk izin investasi. Dalam hal ini, izin investasi bisa dilakukan bersamaan dengan pembangunan konstruksi.

"Poinnya jelas bahwa pemerintah dalam deregulasi ini ada yang terkait dengan investasi supaya bagaimana agar investor itu mendapatkan gambaran kemudahan di dalam melakukan izin investasinya," ujar Franky, ditemui di Kantor Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2015).

Selama ini, jelas dia, investor harus mendapatkan izin prinsip terlebih dahulu, lalu kemudian mengurus izin-izin yang lain sampai bisa membangun konstruksi dan masuk ke tahap produksi. "Sambil jalan dia beli tanah atau menentukan investasi, setelah itu lengkap baru dia melakukan pembangunan konstruksi. Setelah konstruksi selesai baru dia masuk produksi," jelas dia.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah akan berusaha mempersingkat supaya izin investasi bisa digunakan untuk melakukan konstruksi. Serta secara paralel memproses izin dan norma lain bersamaan dengan tahapan konstruksi.

"Izin prinsip konstruksi umumnya dibutuhkan enam bulan hingga satu tahun, itu nanti izin lain membutuhkan waktu yang tidak cepat. Kita akan mempercepat itu," pungkasnya.


(ABD)

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho
Paulinho ke Barcelona

Barcelona Resmi Perkenalkan Paulinho

7 hours Ago

Barca juga menyertakan klausul pengaktifan pemain yang bernama lengkap José Paulo Bezerr…

BERITA LAINNYA
Video /