Kemendag Yakin Kebutuhan Daging Mencukupi

Husen Miftahudin    •    28 September 2015 15:32 WIB
daging sapikementerian perdagangan
Kemendag Yakin Kebutuhan Daging Mencukupi
Ilustrasi (MI/Ferdian Ananda)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) meyakini, stok sapi yang ada saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan daging sapi secara nasional. Bahkan, stok yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan daging sapi hingga akhir tahun ini.

Hal itu diungkapkan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Srie Agustina. Ia mengungkapkan, sekitar 140 ribu ekor sapi sampai dengan 193 ribu ekor sapi siap dilepas untuk memenuhi kebutuhan daging sapi secara nasional hingga Desember.

"Karena kan sekarang ini stok yang ada di feedloter masih cukup. Hitungan kita ada di sekitar 193 ribu atau 140 ribu yang bisa siap dilepas sampai Desember," ujar Srie, usai menghadiri peresmian ASEAN Economic Community (AEC) Center oleh Menteri Perdagangan Thomas Trikasih Lembong, di Kantor Kemendag, Jalan MI Ridwan Rais No 5, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2015).

Berdasarkan data Perkembangan Harga Rata-Rata Barang Kebutuhan Pokok Kemendag, harga daging sapi rerata nasional masih stabil meski terjadi kenaikan sebesar 0,41 persen. Harga daging sapi pada Agustus 2015 secara rata-rata sebesar Rp108.793 per kilogram (kg), sedangkan pada September 2015 harga daging sapi menjadi Rp109.236 per kg.

Srie menambahkan, meski mencukupi, namun saat ini Kementerian Pertanian (Kementan) telah memberi rekomendasi impor sapi bakalan sebanyak 200 ribu ekor. Impor tersebut dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hingga Maret 2016.

"Sudah jalan (impor sapinya). Sekarang lagi proses. Ini untuk memenuhi sampai dengan Maret. Paling tidak (untuk memenuhi kebutuhan) sampai Februari lah," pungkas Srie.


(ABD)

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions
Liga Champions 2017--2018

Pique Berharap Jumpa City di Liga Champions

1 day Ago

Bek Barcelona Gerard Pique berharap timnya bisa bertemu Manchester City di Liga Champions musim…

BERITA LAINNYA
Video /