LMKN Mulai Aktif, Hak Musisi Kian Jelas

Agustinus Shindu Alpito    •    28 September 2015 15:33 WIB
musik indonesia
LMKN Mulai Aktif, Hak Musisi Kian Jelas
Ebiet G Ade (Foto:Metrotvnews.com/Agustinus Shindu A)

Metrotvnews.com, Jakarta: Hingga saat ini, polemik seputar pembajakan karya musik belum berkesudahan. Kehadiran Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) diharapkan dapat meminimalkan hal-hal yang merugikan para insan musik.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly meresmikan izin operasional Wahana Musik Indonesia (WAMI) dan Sentra Lisensi Musik Indonesia (SELMI), Senin (28/9/2015).

Keduanya merupakan lembaga non-pemerintah yang memberikan jasa perlindungan dan pengelolaan karya musik.

Dalam peresmian izin operasional WAMI dan SELMI, komisioner LMKN, Ebiet G. Ade, memberikan apresiasi secara langsung atas kinerja para musisi yang disebutnya sukarela dalam mengurus upaya legalitas pengelolaan kekayaan intelektual di dunia musik.

Baca juga: Menkumham Lantik 10 Anggota Komisioner LMKN

"Ini suatu terobosan yang diperlukan dunia usaha (di Indonesia). Dulu, ini hal yang mustahil dan sekarang terwujud. Ini suatu momentum yang tidak boleh dilewatkan, membuat tatanan terbaik untuk para musisi, supaya royalti sampai kepada yang berhak," kata Ebiet.

Lebih lanjut, Ebiet menjelaskan bahwa dengan adanya izin operasional lembaga kolektif yang mengelola hak para insan musik, royalti yang seharusnya menjadi salah satu sumber pemasukan para musisi akan lebih terogranisir.
 


(ROS)

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain
Bursa Transfer Pemain

Mourinho Isyaratkan Berhenti Belanja Pemain

9 hours Ago

Pelatih United Jose Mourinho tidak ingin terlalu ngotot untuk memenuhi target yakni membawa emp…

BERITA LAINNYA
Video /