Pengacara Ketua KY Desak Bareskrim Hentikan Perkara Sarpin-KY

Dheri Agriesta    •    28 September 2015 15:55 WIB
sarpin effect
Pengacara Ketua KY Desak Bareskrim Hentikan Perkara Sarpin-KY
Suparman Marzuki. Foto: Muhammad Adimaja/Antara

Metrotvnews.com, Jakarta: Kuasa hukum Ketua Komisi Yudisial Suparman Marzuki, Ari Yusuf Amir, meminta Bareskrim menghentikan kasus dugaan pencemaran baik yang menjerat kliennya. Menurut Arif, Suparman mengomentari keputusan hakim Sarpin Rizaldi sebagai Ketua KY. 

Kepada penyidik, kata Arif, Suparman sudah menyerahkan bukti-bukti soal pernyataannya tersebut. Selain itu, saksi ahli pun telah dihadirkan dan diperiksa penyidik Bareskrim Polri. Saksi ahli itu, kata Arif, mengatakan tak ada unsur tindak pidana yang dilakukan Ketua KY terhadap Hakim Sarpin.

"Jadi harapan kita supaya perkara ini bisa setop di sini dan bisa selesai semuanya. Karena perkara tidak ada tindak pidananya dan betul-betul kewenangan beliau selaku Ketua KY," kata dia di Bareskrim Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (28/9/2015).

Arif menyebut, Suparman telah mengikuti prosedur hukum yang ada. Ia pun menyerahkan perkembangan perkara ini kepada penyidik Bareskrim Polri.

Kata dia, penyidik berwenang menghentikan perkara tanpa perlu menunggu pencabutan perkara oleh pelapor. "Kita serahkan kepada penyidik, karena penyidik punya kewenangan menyetop perkara ini tanpa perlu ada pencabutan pelaporan dari pelapor. Setiap WN berhak melaporkan dan polisi menilai apakah laporan ini memenuhi unsur pidana atau tidak," kata dia.

Bareskrim menetapkan Suparman dan Syahuri sebagai tersangka pencemaran nama baik dan fitnah. Keduanya harus berurusan dengan polisi karena dilaporkan Hakim Sarpin Rizaldi.  

Laporan dilakukan menyusul munculnya sejumlah kecaman setelah Sarpin memutuskan memenangkan gugatan praperadilan Komisari Jenderal Budi Gunawan atas penetapan tersangka oleh KPK.



(KRI)

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi
Klausul Pembelian Messi

Guardiola Yakin akan Ada Klub yang Mengaktifkan Klausul Pembelian Messi

1 hour Ago

Messi memiliki klausul 300 juta Euro atau jika dirupiahkan menjadi Rp4,7 triliun.…

BERITA LAINNYA
Video /