Ebiet G. Ade: Lirik yang Baik akan Jadi Tuntutan

Agustinus Shindu Alpito    •    28 September 2015 18:36 WIB
musik indonesia
Ebiet G. Ade: Lirik yang Baik akan Jadi Tuntutan
Ebiet G. Ade (Foto: Metrotvnews.com / Agustinus Shindu Alpito)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ebiet G. Ade dikenal sebagai musisi yang mampu melahirkan lirik puitis, manis, sekaligus mengundang misteri akan makna di baliknya.

Sebagai seorang legenda hidup musik Indonesia, Ebiet memiliki harapan akan lahirnya lagu dengan lirik-lirik berkualitas oleh generasi muda.

“Banyak musisi muda menghasilkan lirik yang baik itu memang bayangan saya. Suatu saat dengan perputaran waktu dan apresiasi terhadap lirik yang baik dan benar, ini tentu subyektif, bagi saya lirik yang baik dan benar punya nilai tertentu. Suatu saat akan tercapai (tren lirik yang bagus) karena kita tidak mungkin mengabaikan itu. Seiring meningkatnya intelektual pendengar, itu jadi tuntutan,” jelas Ebiet kepada Metrotvnews.com, saat ditemui di Kuningan, Jakarta Pusat, Senin (28/9/2015).

Penyanyi yang saat ini berusia 61 tahun itu lantas memberikan wejangan bagi para musisi muda yang ingin menguasai penulisan lirik berbahasa Indonesia dengan baik.

"Banyak mencari informasi dari situs berbahasa Indonesia, dalam konteks ini tentu naskah sastra yang tidak usah terlalu berat tapi punya nilai sastra yang baik dan terukur, sehingga akan meng-influence seluruh pemikiran dan penulisan lirik,” ucapnya.

Ebiet saat ini sudah melahirkan lebih dari 20 album studio dan belasan album kompilasi. Pria yang konsisten menyuarakan cinta dan problematika hidup dalam syair itu menyarankan pembelajaran menulis lirik dengan cara yang natural.

"Menurut saya penting tidak penting (belajar Bahasa Indonesia secara formal), kalau belajar teoritis bisa terjebak pada pola yang sama, tetapi kalau belajar secara liar dan natural akan lebih merdeka mentransformasikan persoalan dalam kemasan lirik yang baik,” tutup ayah dari penyanyi Adera itu.


(AWP)

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino
Jelang Real Madrid vs Tottenham Hotspur

Pemain Madrid Ini yang Diwaspadai Pochettino

1 hour Ago

Penampilan Isco musim ini ternyata mendapat perhatian dari pelatih Tottenham Hotspur Mauricio P…

BERITA LAINNYA
Video /