Siap-Siap Banjir Batik di Jogja Kota Batik Dunia

Ahmad Mustaqim    •    28 September 2015 21:15 WIB
batik
Siap-Siap Banjir Batik di Jogja Kota Batik Dunia
GKR Mangkubumi. Foto: MI

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Pemerintah Yogyakarta akan menyelenggarakan pameran bertajuk Jogja Kota Batik Dunia. Pameran itu akan dihelat pada 2 sampai 6 Oktober di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Pameran tersebut digarap Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pariwisata, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kebudayaan Yogyakarta.

Pelaksana Harian Kepala Disperindagkop Yogyakarta, Kadarmanta Baskara Adji, menjelaskan acara tersebut diadakan untuk menindaklanjuti penghargaan yang diterima Pemerintah Yogyakarta di Don Yang, Tiongkok pada Oktober 2014, silam. Penghargaan yang diberikan oleh World Craft Concil (WCC) itu diterima putri Gubernur DIY, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pembayun (sekarang GKR Mangkubumi), mewakili sang istri yang berhalangan hadir.

"Alasan pemberian penghargaan salah satunya karena mulai sekolah sudah diberikan materi muatan lokal tentang batik. Setiap siswa yang lulus bisa membatik. Misalnya, mulai SD membuat sapu tangan kecil," kata Kadarmanta saat jumpa pers di Gedung Pracimosono, Kepatihan, Yogyakarta, Senin (28/9/2015).

Ia mengungkapkan pameran yang digelar awal bulan depan itu akan melibatkan 50 stan dengan 30 stan di antaranya diisi pelaku industri kecil menengah dari Yogyakarta. Selain itu, pameran juga akan diisi fashion show batik dari desainer-desainer Yogyakarta. Fashion show itu, ia melanjutkan, akan mengedepankan karya-karya batik lokal.

"Akan kami isi pula dengan lomba membatik original dengan motif baru. Karya pemenang akan dipatenkan atas nama pembuat. Pemerintah akan membantu pemasarannya. Kita ingin mengembangkan batik Jogja," ujarnya.

Saat ini, diperkirakan ada sebanyak 241 motif batik di Yogyakarta. Data tersebut hanya berdasarkan batik yang memiliki filosofi dan makna dari 6,000 lebih perajin.

"Sebagai puncaknya, akan ada aksi selebrasi hasil batik dari perajin pada 5 Oktober. Di akhir acara akan dilakukan lelang batik," kata dia.


(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

1 day Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /