4 Jemaah Haji Kloter Pertama Masih di Arab Saudi

Ilham wibowo    •    29 September 2015 12:32 WIB
haji 2015
4 Jemaah Haji Kloter Pertama Masih di Arab Saudi
Pesawat yang membawa rombongan haji kloter pertama--Metrotvnews.com/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com Jakarta: Ketua Tim Pembimbing Haji Indonesia JKS 1 Aming Saepul Mikdar mengatakan, kedatangan Kelompok terbang (kloter) JKS 1 di Bandara Halim, bejumlah 446. Dua jemaah meninggal, sementara dua jemaah lainnya masih dirawat di rumah sakit di Arab Saudi.

"Hari ini tiba 446 orang yang datang dari keseluruhan 450 orang. Empat orang lagi tertinggal. Dua orang meninggal, dua orang di rawat di sana, di Arab Saudi," tutur Aming di Terminal Selatan Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (29/9/2015)

Dua orang yang meninggal bukan korban peristiwa Mina maupun Crane jatuh. Keduanya mengembuskan napas terakhir karena sakit.

"Yang pertama, kedatangan dari Madinah ke Mekkah, setelah sampai ke pemondokan, kondosinya drop lalu meninggal. Kemudian di Bandara Jedah pas mau berangkat, mau turun dari lift beliau meninggal," jelasnya sambil terburu-buru berangkat menuju asrama haji di Bekasi.

Sebelumnya, kloter pertama jemaah haji Indonesia tiba di Tanah Air. Mereka diangkut pesawat Boing 777 Saudi Arabian Airlines dan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (29/9/2015) pukul 10.30 WIB.

Jemaah akan langsung diperiksa kesehatan begitu tiba di Indonesia. Selepas itu baru mereka menuju asrama haji Bekasi.

Pantauan Metrotvnews.com, petugas kesehatan tengah menyambut kedatangan penumpang dari pesawat. Awak media tidak diperkenankan mendekat, khawatir dengan ancaman kesehatan. Rencananya, jemaah haji dibawa ke Asrama Haji Bekasi. Sebelum nantinya diserahkan ke PPIH masing-masing.


(YDH)