Pemerintah Yogyakarta belum Terima Salinan Putusan MA soal Bandara Kulonprogo

Ahmad Mustaqim    •    29 September 2015 13:07 WIB
sengketa tanah
Pemerintah Yogyakarta belum Terima Salinan Putusan MA soal Bandara Kulonprogo
Sidang bandara Kulonprogo di PTUN Yogyakarta, MTVN - Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Mahkamah Agung (MA) memenangkan pemerintah Yogyakarta dalam kasasi gugatan rencana pembangunan bandara Kulonprogo. MA memutuskan itu dalam putusan nomor register 450 K/TUN/2015 dan mengunggahnya dalam website resmi MA.

Kepala Biro Hukum Pemerintah Yogyakarta, Dewo Isnubroto, mengatakan mengetahui putusan itu dari website MA. Namun, katanya, ia belum mendapat salinan putusan.

"Pemerintah belum menerima salinan putusan. Saya baru diklat di Jakarta," kata Dewo di Yogyakarta, Selasa (29/9/2015).

Dewo mengatakan belum melanjutkan proyek pembangunan bandara di Kulonprogo. Ia baru dapat berbicara mengenai proyek tersebut setelah menerima salinan putusan.

"Kalau putusan diterima, baru (dibahas). Kalau pembangunan, masih ada tahapan, seperti  pengukuran (lahan) dan ganti rugi," kata Dewo.

Sementara itu, penasihat hukum warga yang penolak rencana pembangunan bandara Kulonprogo, Riski Fatahillah, juga belum mendapat salinan. Meski demikian, warga sudah mengetahui putusan MA itu.

"Tapi masyarakat tetap kukuhkan sikap, menolak pembangunan bandara. Pembangunan bandara di Kulonprogo tidak bisa karena bisa memaksimalkan bandara di Sleman. Aturan RTRW sudah tuntas," ujarnya.

Anggota LBH Yogyakarta ini mengatakan, pihaknya akan kembali melakukan langkah hukum dengan peninjauan kembali (PK). PK tersebut bisa dilakukan setelah salian putusan sudah diterima. "Kalaupun putusan MA menang pemerintah, warga tetap melawan," jelasnya.


(RRN)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

1 day Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /