Tips Mobil

Salah Pilih Filter Oli, Kinerja Mesin Bakal Tak Maksimal

Ainto Harry Budiawan    •    30 September 2015 10:41 WIB
tips mobil
Salah Pilih Filter Oli, Kinerja Mesin Bakal Tak Maksimal
Meski murah, jangan anggap remeh kualitas dan fungsi dari filter oli. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Filter oli biasanya tidak terlalu dipedulikan pengguna mobil karena jarang rusak dan harganya relatif murah. Part satu ini pun jarang diganti, kecuali mobil yang melakukan perawatan di bengkel resmi.

Fungsi filter oli ini sendiri sebenarnya seperti ginjal pada tubuh manusia. Komponen ini bertugas menyaring dan membersihkan oli dari gram-gram dan kotoran mesin. Tentu akan berbahaya jika pilih fiter oli abal-abal.

"Filter oli itu bertugas membersihkan dan menjaga kualitas oli mesin dalam kondisi baik. Yang bahaya itu gram-gram mesin, bukan kerak oli, " buka Budhi Hendarto, Chief Marketing Officer PT Topindo Atlas Asia, produsen Top 1 di Indonesia.

Yang paling rawan dalam filter oli adalah sambungan filter itu sendiri. "Dengan tekanan oli yang mencapai 16 bar, filter oli rawan jebol pada sambungannya, kalau sudah jebol oli kotor akan tercampur dan fungsi filter sudah hilang," urainya semangat.

Efek oli kotor tanpa melalui penyaringan oleh filter oli, tentu berefek pada komponen internal mesin. Gram-gram mesin bisa mengikis komponen bergerak. Jika dibiarkan, mesin bisa rusak dan kantong jebol mengganti komponen yang harus diganti.

Masa pakai filter oli sendiri umumnya punya masa pakai tiga hingga lima ribu kilometer. Hal ini tergantung dari rekomendasi pabrikan pembuat mobil.

Top 1 sendiri turut menghadirkan filter oli pada Agustus lalu dengan tiga perlindungan, yakni lapisan kawat baja, media filter dengan synthethic technology dan sambungan filter diklem.


(UDA)


Ronaldo Tarik Ucapan terkait Hengkang dari Madrid
Real Madrid

Ronaldo Tarik Ucapan terkait Hengkang dari Madrid

1 hour Ago

Pemain berjuluk CR7 itu berencana memikirkan masa depannya yang kemungkinan tak lama di Madrid.…

BERITA LAINNYA
Video /