Anggota Baleg: Pasal Kretek Muncul Saat akan Dibawa ke Paripurna

Anggitondi Martaon    •    29 September 2015 17:20 WIB
dprdpr ads
Anggota Baleg: Pasal Kretek Muncul Saat akan Dibawa ke Paripurna
Gedung MPR/DPR----MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kontroversi masuknya pasal terkait rokok kretek dalam draf rancangan Undang-undang (RUU) Kebudayaan‎ menjadi perdebatan. Pasal itu muncul tiba-tiba saat akan disahkan di paripurna.

"Waktu Panja RUU Kebudayaan yang sudah final, tinggal disahkan di paripurna, tiba-tiba ada pasal yang berbunyi untuk melestarikan kretek," kata anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR Endang Srikarti Handayani di Komplek Parlemen, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarya Pusat, Selasa (29/9/2015).

Selain muncul tiba-tiba, kata dia, dalam Pasal 49 tersebut juga berbunyi tentang sosialisasi kretek. Menurut Endang, kretek tidak boleh disosialisasikan karena cenderung merugikan daripada menguntungkan.
"Apa ini harus dilestarikan," sebut dia.

Politisi Golkar ini meluruskan, pasal kretek seharusnya masuk dalam RUU pertembakauan yang sedang digodok Badan Legislasi (Baleg). Dia heran pasal itu muncul di RUU Kebudayaan.

Meski begitu, Endang tak mau berburuk sangka. Hanya, dia mendesak kesalahan itu harus diperbaiki sebelum disahkan dalam paripurna.

"Yang penting RUU Kebudayaan harus diperbaiki‎," ujar dia.


(TII)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /