BKPM Permudah Penyediaan Izin di Paket Kebijakan Ekonomi Tahap II

Desi Angriani, Angga Bratadharma    •    29 September 2015 17:30 WIB
paket kebijakan ekonomi
BKPM Permudah Penyediaan Izin di Paket Kebijakan Ekonomi Tahap II
Kepala BKPM Franky Sibarani (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) kembali menegaskan untuk mempermudah penyediaan izin bagi investor yang hendak menanamkan investasinya di Indonesia. Hal ini tertuang dalam paket kebijakan ekonomi tahap kedua yang dikeluarkan pemerintah.

Kepala BKPM menjelaskan, dalam hal ini pemerintah melalui BKPM mulai hari ini menyiapkan mengenai izin investasi yang bisa diselesaikan dalam kurun waktu tiga jam. Hal ini diharapkan memberi kemudahan bagi investor dan nantinya memiliki dampak bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia di waktu-waktu mendatang.

"Izin ini menghasilkan tiga produk, pertama ijin prinsip itu sendiri, kedua akte perusahaan, dan ketiga NPWP," kata Franky, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Kemudian, persyaratan investasi ini adalah di kawasan industri sehingga izin tiga jam bagi si investor bisa langsung melakukan pemilihan lokasi di kawasan industri dan langsung pula merencanakan untuk membangun atau melakukan starting konstruksi.

"Dan, investasi yang ditetapkan saat ini paling tidak memperkerjakan sebanyak 1.000 pekerja dari Indoensia," jelas Franky.

Selain itu, untuk kawasan industri, investor hanya menandatangani komitmen untuk norma-norma tertentu yang sudah ditentukan kementerian teknis. Dalam hal ini, investor tetap harus membangun pengelolaan limbah. Untuk beberapa ijin lainnya itu akan dieliminir sehingga jadi norma-norma.

"Berikutnya, Presiden menugaskan kami dengan koordinasi kementerian teknis lainnya untuk kami diminta untuk pemotongan-pemotongan perijinan yang kemudian dibahas, yang dibahas industri yang ke depannya bisa jadi tulang punggung pembangunan ekonomi kita," pungkasnya.


(ABD)