Menko Darmin: Dalam 3 Jam, Perusahaan Bisa Bangun Pabrik

Desi Angriani    •    29 September 2015 18:08 WIB
bkpm
Menko Darmin: Dalam 3 Jam, Perusahaan Bisa Bangun Pabrik
Menko Darmin Nasution ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan ada kemudahan pemberian izin investasi di kawasan industri. Dia mengatakan izin ini mempermudah lamanya pendirian izin badan usaha dan konstruksi. 

Dia mengatakan perubahan peraturan dalam paket dua pada September 2015 memupus sebagian izin menjadi standar atau syarat. Ketika sudah diberikan izin lingkungan di kawasan industri, perusahaan tidak perlu melakukan perizinan melainkan mengikuti standar yang ditetapkan pemerintah. 

“Akan diberikan standar atau baku mutu. Dia enggak boleh melampaui standar itu,” kata dia di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (29/9/2015).

Dengan demikian, setelah izin berubah standar, maka lamanya waktu mengurus izin di kawasan industri menjadi jauh lebih cepat dari waktu sebelumnya.  

“Investasi di kawasan industri menjadi jauh lebih cepat jika sudah izin di kawasan industri maka seteleh tiga jam perusahaan bisa bangun perusahaan, tapi itu berarti, BKPM akan punya notaris sendiri karena yang lama tidak bisa diubah. Jadi dengan inhouse notaris, semua bisa selesai sepanjang investor datang sendiri,” kata dia. 

Bahkan, persetujuan di Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) sudah dikerjakan langsung oleh BKPM. Termasuk di dalamnya akta pendirian perusahaan, pengesahan dari kemenkumham sebagai badan hukum serta NPWP.



(SAW)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

1 day Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /