Wakil Ketua DPR: Kebakaran Hutan Harus Berstatus Bencana Nasional

Anggitondi Martaon    •    29 September 2015 18:44 WIB
asapdpr ads
Wakil Ketua DPR: Kebakaran Hutan Harus Berstatus Bencana Nasional
Agus Hermanto. Foto: Susanto/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mendesak pemerintah agar kabut asap akibat kebakaran hutan ditetapkan sebagai bencana nasional. Menurutnya, bencana asap sudah berakibat negatif pada kehidupan masyarakat dan hubungan antarnegara. 

Bukan hanya berefek pada kesehatan masyarakat, asap juga berpengaruh pada hubungan bilateral antara Indonesia dan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia. 

"Menurut saya lebih tepat mengusulkan ini menjadi bencana nasional karena ini mengkhawatirkan dan membawa dampak yang cukup signifikan bagi negara Indonesia," kata Agus Hermanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selasa (29/9/2015).

Ditetapkannya kabut asap sebagai bencana nasional bisa menjadi bentuk ketegasan pemerintah dalam mengatasi kebakaran hutan. Dengan bertatus bencana nasional, maka level penanganannya juga akan berbeda. Lebih komprehensif. 

Politikus Demokrat ini menilai selama ini pemerintah kurang serius dalam menanggulangi kebakaran hutan sebagai penyebab bencana asap di beberapa daerah. 

‎Selain itu, pria yang akrab disapa Aher ini mengungkapkan bencana asap yang terjadi selama satu bulan terakhir sudah sangat meresahkan dan merugikan warga. Tak sedikit masyarakat yang terdampak asap dan menderita penyakit pernafasan. Selain itu, kegiatan belajar mengajar di sekolah juga diliburkan.  

Seperti diberitakan, beberapa sekolah terpaksa diliburkan karena pekatnya asap yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan. "Saya mengatakan ini bencana nasional yang merugikan dan menyengsarakan rakyat Indonesia secara drastis," tegasnya.


(KRI)