'Mencari Hilal,' dari Sepi Penonton hingga Tembus Tokyo International Film Festival

Nia Deviyana    •    29 September 2015 19:43 WIB
film indonesia
'Mencari Hilal,' dari Sepi Penonton hingga Tembus Tokyo International Film Festival
Jumpa pers film Mencari Hilal berkompetisi di Tokyo International Film Festival 2015 (Foto:Metrotvnews.com/Nia Deviyana)

Metrotvnews.com, Jakarta: Terpilihnya Mencari Hilal untuk berkompetisi di Tokyo Internasional Film Festival 2015 menjadi kabar menggembirakan.

Pasalnya, film garapan sutradara Ismail Basbeth ini pernah dianggap gagal karena raihan jumlah penonton meleset dari harapan.

"Dengan biaya Rp3 miliar berikut promosi, kami menargetkan film kami memperoleh setidaknya 250 ribu penonton. Sayangnya, yang diperoleh jauh dari harapan. Mencari Hilal hanya meraup 12 ribu penonton," aku Hanung Bramantyo, salah satu produser film ini, saat ditemui di Multivision Plus Tower, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (29/9/2015).

Hanung mengungkapkan, sulit mempromosikan film karya anak bangsa kepada penonton Indonesia karena kebanyakan mereka lebih menyukai film Hollywood.

"Film-film produksi anak bangsa sering kepentok sama label 'film Indonesia.' Seringkali kalau dengar 'film Indonesia' pasti mikirnya langsung ke horor, seks murahan, atau pocong. Jadi, kita benar-benar harus door to door kayak sales, menjelaskan film kita seperti apa," jelasnya.

"Dan, untuk bisa jualan film di Indonesia, kita juga butuh effort (upaya) dan uang yang banyak," tambah pria yang juga sutradara ternama ini.

Upaya untuk menyosialisasikan gagasan film tidak berhenti di bioskop saja. Melalui Hide Project Film yang dimotori Ismail Basbeth (sutradara film Mencari Hilal), Suryo dan Cornelio Sunny, film ini didaftarkan ke dalam tiga festival film dunia, yakni Busan International Film Festival, Singapore International Film Festival, dan Tokyo International Film Festival.

"Alhamdulillah, Tokyo International Film Festival memberi respons positif dan meletakkan film ini pada kompetisi Asian Future," ucap Hanung, lega.

Suami Zaskia Adya Mecca ini berpendapat, film Mencari Hilal sejak awal memiliki karakter yang berbeda bila dibandingkan dengan film lain di bawah naungan rumah produksinya.

Penyebabnya, karakter sutradara Ismail Basbeth yang sebelumnya lebih banyak menggarap film independent ketimbang komersil.

"Mencari Hilal adalah film yang tidak meledak-ledak, bersahaja, dan mengajak penonton untuk merenung. Karena karakternya, film itu seperti memilih sendiri siapa sutradaranya. Saya ceritakan bahwa saat itu saya sedang merencanakan pembuatan empat film, dan saya meminta Ismail untuk menjadi salah satu sutradaranya. Dia tertarik, dan sesuai dugaan, dia memilih Mencari Hilal," kata Hanung.

Dalam penggarapan, Hanung tak memaksa Ismail membuat film dengan pendekatan estetik komersil film box office Indonesia sebagaimana film-film yang pernah dibuat Hanung.

Dinginnya respons penonton terhadap film Mencari Hilal sempat membuat Hanung pesimistis. Namun, sikap Ismail yang berbesar hati kembali mepompa semangat Hanung.

"Dia (Ismail) bilang, sepuluh ribu penonton buatku luar biasa. Karena biasanya film-filmku ditonton paling banyak hanya 600 orang," kenang Hanung.

Hanung tak muluk menargetkan film Mencari Hilal bisa memetik sukses. Setidaknya, sutradara berusia 40 tahun ini mengaku telah menemukan sebuah pemahaman baru dari perjalanan Mencari Hilal.

"Meski tak laku di bioskop, Mencari Hilal sudah mendapatkan tempatnya di Tokyo International Film Festival. Optimisme Ismail membuat saya yang semula pesimis menjadi sadar, bahwa film yang dibuat dengan jujur pasti mendapatkan tempatnya," urai Hanung.

Sebagai informasi, Mencari Hilal bukan debut pertama Ismail Basbeth berkompetisi di festival film internasional dalam menggarap film panjang.

Film panjangnya yang pertama berjudul Another Trip To The Moon (Menuju Rembulan) pernah menjadi satu-satunya peserta kompetisi dari Indonesia dalam ajang bergengsi Hivos Tiger Awards di International Festival Film Rotterdam, Januari 2015.


(ROS)


Vietnam Juara Piala AFF 2018

Vietnam Juara Piala AFF 2018

2 days Ago

Vietnam sukses menekuk Malaysia 1-0 di lek kedua Final Piala AFF 2018. Hasil ini memastikan Vie…

BERITA LAINNYA
Video /