BNI: Ini Rencana Aliran Pinjaman Dana Tiongkok

Annisa ayu artanti    •    29 September 2015 20:08 WIB
bni
BNI: Ini Rencana Aliran Pinjaman Dana Tiongkok
BNI. ANTARA/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama Bank Negara Indonesia, Ahmad Baiquni menjelaskan pokok-pokok penggunaan dana pinjaman sebesar USD1 miliar oleh China Bank Development (CDB).

Baiquni menjelaskan rencananya Bank pelat merah ini akan menggunakan dana segar dari Tiongkok digunakan untuk ekspansi bisnis, pembangunan infrastruktur, dan pengelolaan likuiditas jangka panjang.

"Pinjaman dari CDB akan digunakan untuk ekspansi bisnis, infrastruktur, dan pengelolaan likuiditas jangka panjang," kata Baiquni dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VI DPR-RI, di Gedung DPR, Jakarta, Selatan (29/9/2015).

Baiquni  merencanakan untuk melakukan penambahan dana dari non-konvensional, pihak ketiga, giro, deposito, dan tabungan hingga 2017.

"Valas kami USD5,6 miliar itu posisi Desember, DPK capai USD4,2 miliar, USD1,4 miliar funding non-konvensional," jelas dia.

Dengan adanya rencana pinjaman dari CDB, menurutnya, akan banyak pinjaman valas yang akan jatuh tempo. Seperti adanya global bond senilai USD500 juta di 2017. Lalu, pada tahun 2016, ada  pinjaman dari beberapa bank USD500 juta yang akan jatuh tempo.

"Kami mendapatkan pinjaman yang jangka waktunya lebih dari dua tahun," ujar dia.

lebih lanjut, untuk pembangunan infrastruktur, akan digunakan untuk infrastruktur listrik sebesar USD860 juta dan pelabuhan laut sebesar USD100 juta.


(SAW)


Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?
Final Piala AFF 2018

Media Malaysia: Wartawan Vietnam Agen Mata-Mata?

15 hours Ago

Media Malaysia menurunkan tulisan tentang tingkah laku wartawan Vietnam selama Final Piala AFF …

BERITA LAINNYA
Video /