FC Porto vs Chelsea

Menang atas Chelsea, Porto Beri Kado Spesial Untuk Casillas

Hilman Haris    •    30 September 2015 03:50 WIB
liga champions
Menang atas Chelsea, Porto Beri Kado Spesial Untuk Casillas
Kiper FC Porto, Iker Casillas merayakan laga ke-152 di Liga Champions dengan kemenangan atas Chelsea (FRANCISCO LEONG / AFP)

Metrotvnews.com, Porto: Chelsea belum juga ke puncak performa pada musim 2015--2016. Selain terseok-seok Liga Primer Inggris, The Blues juga tidak tampil impresif di kompetisi Eropa. Teranyar, Chelsea tertunduk lesu usai kalah 1-2 dari FC Porto pada matchday 2 Liga Champions 2015--2016.

Dua gol Porto pada laga ini dicetak oleh Andre pada menit ke-39 dan Maicon pada menit ke-52. Sementara itu, gol The Blues dihasilkan Willian ketika laga memasuki menit ke-45.

Manajer Chelsea, Jose Mourinho sepertinya bakal mengkritik performa lini belakang tim seusai pertandingan. Bukan apa-apa, kegagalan demi kegagalan Branislav Ivanovic dkk mengawal para penyerang Porto dengan baik menjadi penyebab utama The Blues kalah.

Gol pertama Porto tercipta usai Ivanovic bisa dilewati dengan mudah oleh Brahimi yang merangsek dari sisi kiri. Bola hasil sepakan Brahimi masih bisa ditepis oleh Asmir Begovic. Namun bola rebound disambar oleh Andre yang tidak terkawal di kotak penalti. Walau sempat mengenai tangan Begovic, bola tetap meluncur deras ke dalam gawang The Blues.

Chelsea berusaha mengingkatkan serangan setelah tertinggal satu gol. Usai mendapatkan beberapa peluang, The Blues akhirnya bisa menyamakan skor melalui tendangan bebas Willian sebelum babak pertama berakhir.

Babak kedua Porto kembali menguasai pertandingan. Beberapa kali mereka nyaris mencetak gol kedua memanfaatkan buruknya koordinasi pertahanan The Blues. 

Petaka bagi Chelsea akhirnya tiba setelah babak kedua berjalan tujuh menit. Ivanovic kembali menjadi pesakitan. Akibat salah posisi, Ivanovic jadi membiarkan Ruben Neves memberikan umpan matang kepada Maicon yang berdiri di kotak penalti. Dengan tandukan keras, Maicon akhirnya berhasil menceploskan bola ke dalam gawang dan membawa Porto unggul dengan skor 2-1.

Chelsea berpeluang menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Ketika itu, striker Diego Costa melepaskan tembakan dari pojok kiri kotak penalti Porto. Namun, usahanya tak membuahkan hasil maksimal karena bola membentur mistar gawang.

Mourinho berusaha meningkatkan daya gedor tim dengan memasukkan Eden Hazard untuk menggantikan John Obi Mikel pada menit ke-62. Tapi harapan The Special One tak menjadi kenyataan. Hazard gagal menjalankan tugas dengan baik karena mendapat kawalan ketat para pemain belakang tuan rumah.

Chelsea berjuang hingga menit-menit akhir untuk membawa pulang satu poin. Peluang terakhir tercipta pada menit keempat injury time melalui sepakan pemain muda, Kennedy. Nahas bagi The Blues, bola meluncur ke samping gawang sehingga membuat skor tidak berubah. Tak lama kemudian, wasit meniup peluit panjang tanda akhir pertandingan. Porto yang tampil di hadapan pendukung sendiri mampu meraih tiga poin usai menang dengan skor 2-1.

Kemenangan ini menjadi kado istimewa bagi kiper Porto, Iker Casillas yang melakoni laga ke-152 di Liga Champions. Dengan jumlah penampilan sebanyak itu, Casillas mencatatkan dirinya sebagai pemain dengan cap terbanyak di kompetisi paling elite di benua biru tersebut.

Berikut ini susunan lengkap skuat Porto dan Chelsea
Porto: Casillas, Maxi, Maicon, Marcano, Martins Indi, Danilo, Rúben Neves, Imbula, Brahimi, Aboubakar, André.

Chelsea: Begovic, Ivanovic, Zouma, Cahill, Azpilicueta, Mikel, Fabregas, Ramires, Willian, Pedro, Diego Costa.


(HIL)


Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam
Leg I Final Piala AFF 2018

Piala AFF 2018: Malaysia Terhindar dari Kekalahan atas Vietnam

20 hours Ago

Malaysia terhindar dari kekalahan atas Vietnam pada leg pertama babak final Piala AFF 2018, Sel…

BERITA LAINNYA
Video /