Dikukuhkan, Forum Bisnis Cirebon Jadi Agen Pengembangan Perekonomian

Ahmad Rofahan    •    30 September 2015 13:43 WIB
bisnis
Dikukuhkan, Forum Bisnis Cirebon Jadi Agen Pengembangan Perekonomian
Kerajinan batik menjadi salah satu usaha yang terkenal di Cirebon, Ant - Muhammad Iqbal

Metrotvnews.com, Cirebon: Forum Bisnis Cirebon (FBC) yang terdiri dari pemangku kepentingan bisnis dari seluruh sektor industri dan Bisnis di Cirebon, Jawa Barat, resmi dikukuhkan. PRA Arief Natadiningrat dikukuhkan sebagai Ketua FBC.

CEO PATA Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetijo mengatakan pembentukan FBC bertujuan mengembangkan iklim usaha dan kerja sama antarpemerintah, akademisi, masyarakat, dengan pelaku bisnis. Kerja sama itu untuk membangun Cirebon.

Selain itu, FBC berperan sebagai agen pengembangan dalam bidang perdagangan, pariwisata, dan investasi di Cirebon.

"Cirebon juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Destinasinya tidak berbeda jauh dengan Jakarta dan Bandung serta potensi wisata daerah lainnya di Indonesia," ujar Poernomo dalam acara yang berlangsung di Hotel Aston Cirebon itu, Rabu (30/9/2015).

Perekonomian Cirebon, kata Poernomo, memiliki skala besar yang dipengaruhi faktor strategis dan karakteristik sumber daya alamnya. Sehingga, struktur itu menunjang sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel, restoran, komunikasi, dan jasa.

Visi FBC, kata Poernomo, selaras dengan visi PATA Indonesia Chapter. Yaitu mempromosikan potensi destinasi wisata Indonesia dan mendukung target pemerintah.

"Diharapkan Pemkot dan Pemkab Cirebon, Keraton Kasepuhan dan pelaku bisnis dalam industri wisata lainnya yang ada di Cirebon, untuk bisa bergabung dalam PATA Travel Mart 2016," kata Poernomo.

Peresmian Forum Bisnis Cirebon ditandai dengan penandatanganan deklarasi yang dilakukan oleh perwakilan akademisi, pelaku bisnis, media dan pemerintah daerah. Selain PATA Indonesia Chapter sebagai inisiator FBC, acara itu juga dihadiri utusan Kementerian Pariwisata, KADIN Jawa Barat, dan Keraton Kasepuhan Cirebon.


(RRN)