BI Dorong Jamkrida Jemput Bola Tumbuhkan UMKM

   •    30 September 2015 13:54 WIB
umkm
BI Dorong Jamkrida Jemput Bola Tumbuhkan UMKM
Bank Indonesia (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Denpasar: Bank Indonesia (BI) Provinsi Bali mendorong lembaga penjaminan kredit salah satunya PT Jamkrida Bali Mandara untuk melakukan jemput bola kepada wirausaha muda potensial guna menumbuhkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Itu sangat perlu misalnya dengan membuka beberapa cabang di pasar besar guna menjembatani (pelaku usaha), yang terpenting masyarakat tersosialisasi dengan manfaat Jamkrida," kata Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Dewi Setyowati, seperti dikutip Antara, di Denpasar, Rabu (30/9/2015).

Menurut dia, pengenalan kepada wirausaha muda tersebut diharapkan mampu menggairahkan semangat pelaku usaha muda yang merintis maupun sudah mendirikan UMKM mengingat selama ini akses permodalan menjadi salah satu kendala yang dihadapi pelaku usaha. 

Tidak hanya itu, lanjut Dewi, pelaku usaha muda juga kerap kekurangan agunan ketika melakukan pengajuan bantuan modal kepada perbankan. Dengan adanya andil Jamrida diharapkan kekurangan agunan atau jaminan kredit tersebut bisa ditanggulangi sehingga suntikan modal bisa dirasakan pelaku usaha muda.

Sementara itu, Direktur Utama Jamkrida Bali Mandara I Ketut Widiana Karya juga berencana melakukan jemput bola kepada pelaku usaha muda untuk mempercepat pertumbuhan UMKM. Untuk menunjang hal itu, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan pemetaan keberadaan wirausaha dan menyusun strategi termasuk berkoordinasi dengan pemerintah dan perguruan tinggi.

"Kami akan melakukan pemetaan ada berapa wirausaha muda, sektor apa saja dan menyusun strategi bilamana perlu melakukan jemput bola itu akan mempercepat tumbuh dan kembang wirausaha muda," pungkasnya. 


(ABD)


Timnas Bertekad Akhiri Catatan Buruk di Stadion Rajamangala

Timnas Bertekad Akhiri Catatan Buruk di Stadion Rajamangala

53 minutes Ago

Timnas Indonesia bertekad mencuri poin penuh saat bertandang ke markas Thailand pada laga ketig…

BERITA LAINNYA
Video /