Gubernur Jatim Dilibatkan Usut Tambang Pasir Ilegal

Muhammad Khoirur Rosyid    •    30 September 2015 21:24 WIB
salim kancil
Gubernur Jatim Dilibatkan Usut Tambang Pasir Ilegal
Mahasiswa Surabaya menuntut polisi mengusut tuntas kematian Salim Kancil. Foto: Antara

Metrotvnews.com, Surabaya: Tak ingin kasus tambang pasir di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terulang, Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Anton Setiadji akan membicarakan persoalan itu dengan gubernur dan pimpinan di daerah tingkat dua.

"Kami akan bicarakan dengan gubernur dan pimpinan di kabupaten/kota menindaklanjuti kasus pertambangan," kata Kapolda Jawa Timur Irjen Polisi Anton Setiadji, di Surabaya, Rabu (30/9/2015).

Di Jawa Timur banyak terdapat tambang pasir. Misalnya di wilayah Lumajang, Situbondo, Mojokerto, Jombang dan Bojonegoro banyak terdapat pasir yang disedot daru Sungai Brantas dan Bengawan Solo. Tambang ada yang berizin, namun sebagian lain juga tak berizin.

Anton mengatakan, pihaknya secepatnya akan membicarakan permasalahan ini dengan pemerintah. Sebab, kata Anton, sebagian tambang memang ada yang tak mengantongi izin.

"Kami akan duduk bersama mencari solusinya. Kalau yang tidak berizin bagaimana tindakannya. Selain berhubungan dengan pemerintahan, tambang tanpa izin juga bisa masuk ranah hukum," tuturnya.

Sementara itu, dari catatan Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Jawa Timur, tambang yang menjadi masalah di Desa Selok Awar-Awar tak mengantongi izin. Pihak kepolisian juga berjanji akan menutup tambang pemicu kematian Salim Kancil itu.


(UWA)

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya
Jelang Tottenham vs Juventus

Jika Bobol Gawang Juventus, Llorente Enggan Merayakannya

8 hours Ago

Striker Tottenham Hotspur, Fernando Llorente, menegaskan tidak akan merayakan jika dia mencetak…

BERITA LAINNYA
Video /