Selisih Harga Solar Belum Kurangi Kerugian Pertamina

Annisa ayu artanti    •    30 September 2015 23:14 WIB
pertamina
Selisih Harga Solar Belum Kurangi Kerugian Pertamina
Vice President of Corporate Communications Pertamina (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) menyangkal selisih harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis solar yang ditetapkan pemerintah tetap yakni Rp6.900 per liter tidak berdampak pada pengurangan kerugian sebanyak Rp15,2 triliun.

Vice Presiden Comunication Pertamina Wianda Pusponegoro menjelaskan, meski ada ada selisih harga sekitar Rp650 per liter namun selisih tersebut tidak menutupi sedikit pun kerugian yang dialami oleh Pertamina.

"Ya dari volume kan berbeda jauh. Volumenya (solar) 30 ribu kiloliter, yang satu lagi (premium) 75 ribu kiloliter," kata Wianda, ditemui di Kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN, Jakarta, Rabu (30/9/2015).

Dari angka kerugian yang sebelumnya sudah dicatat oleh Pertamina, kemudian ditambah dengan harga premium yang tidak mengalami perubahan yakni Rp7.400 per liter untuk non-jamali, padahal seharusnya Rp7.900 per liter, Wianda menjelaskan, Pertamina akan mengakumulasikannya di akhir tahun. Nantinya, total kerugian tersebut dinyatakan sebagai beban pemerintah.

"Tinggal total generalnya itu bisa diakumulasi dan kemudian nanti itu yang menjadi total, yang dinyatakan menjadi beban pemerintah," jelas dia.

Kendati demikian, Wianda menyebutkan, Pertamina tetap akan melakukan efisiensi-efisensi untuk menutupi kerugian tersebut agar tidak membludak, seperti penambahan volume BBM non-subsidi, efisiensi pengadaan, dan berbagai upaya internal perusahaan.

"Tapi kita sebagai badan usaha juga tetap harus melakukan upaya-upaya seperti memperbanyak volume penjualan untuk non-subsidi, yang unregulated BBM umum seperti pertalite. Kita juga melakukan efisiensi di pengadaan, seperti desentralisasi procurement. Jadi itu upaya di internal perusahaan," pungkas dia.


(ABD)

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar
Neymar ke PSG

PSG Terkejut Barca Tuntut Kompensasi ke Neymar

39 minutes Ago

Bahkan PSG harus bertanggung jawab atas kompensasi Neymar ke Barcelona…

BERITA LAINNYA
Video /