Mentan Awasi Panen untuk Cegah Paceklik

Gervin Nathaniel Purba    •    01 Oktober 2015 00:06 WIB
kementan ads
Mentan Awasi Panen untuk Cegah Paceklik
Illustrasi. ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Metrotvnews.com, Tuban: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengungkapkan tujuan besarnya dalam dalam kunjungan kerjanya memantau panen padi dan jagung di Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Lampung.

"Tujuan besarnya? Untuk menentukan Desember 2015 sampai Januari 2016. Harus pacu tanam cepat. Karena tanam sekarang nanti panen di Desember - Januari. Itu strategi untuk mengatasi paceklik," ujar Amran Sulaiman di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Rabu (30/9/2015).

Untuk itu, dirinya yang meminta kepada para petani untuk untuk terus bekerja keras  untuk mengantisipasi paceklik di 2016. 

"Jangan sekarang loyo-loyo, jangan biasa-biasa saja. Jadi setiap kami bergerak ada traget," imbuh Amran Sulaiman.

Kemudian target besar berikutnya, Mentan itu ingin melihat langsung situasi di lapangan saat sedang musim panen ini. Kemudian Ia ingin memastikan bahwa para petani langsung menanam padi lagi setelah memanen.

"Jadi kalau kita menembak, menduga, dan mengambil sampel dari data di jakarta saja itu tidak cukup. Harus liat langsung. Liat karawang kemarin, kemudian Sumatra Selatan itu ada 6000 ha. Kita pacu lagi Kalimantan Seltan dan Sumatera. Selesai panen tanam selesai panen tanam. Ga boleh putus," tutur Amran.

Lanjut Amran, dirinya menegaskan hasil kunjungannya ini tidak ada kaitannya dalam menentukan impor atau tidak impor. Sebab dalam kunjungan ini, dirinya hanya fokus untuk menekan dampak el nino.

Sekedar informasi, Mentan Amran Sulaiman akan melanjutkan kunjungan kerjanya untuk memanen padi di Kalimantan Selatan dan Sumatera. Agenda Mentan tersebut dijadwalkan akan dilaksanakan besok dengan mengunjungi Kalimantan Selatan dahulu.


(SAW)

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco
Bursa Transfer Pemain

Sulit Dapatkan Perisic, MU Incar Winger AS Monaco

15 hours Ago

Manchester United tampaknya mulai menyerah mengejar winger Inter Milan Ivan Perisic. Teranyar, …

BERITA LAINNYA
Video /