Jokowi Undang Pengangkat Jenazah 6 Jenderal di Lubang Buaya ke Istana

Desi Angriani    •    01 Oktober 2015 10:36 WIB
peringatan g 30 s pki
Jokowi Undang Pengangkat Jenazah 6 Jenderal di Lubang Buaya ke Istana
Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan,--Foto: MTVN/Desi Angriani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo mengundang para prajurit pengangkat jenazah enam jenderal dalam tragedi Gerakan 30 September 1965 ke Istana Kepresidenan Jakarta.

"Presiden mengundang tiga prajurit yang mengangkat jenazah Pahlawan Revolusi untuk bertemu di Istana," ujar Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015).

Menurut Luhut, undangan itu sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada para prajurit. Luhut mengaku mendapat perintah mencari semua prajurit yang terlibat dan masih hidup sampai saat ini.

"Saya kira itu menjadi salah satu apresiasi Presiden, karena tinggal tiga yang hidup dari semua yang terlibat pengangkatan jenazah," kata mantan Kepala Staf Kepresidenan ini.

Seperti diketahui, ada delapan penyelam dan dua dokter yang mengangkat jenazah Pahlawan Revolusi di Lubang Buaya. Mereka dipimpin Komandan Kompi Intai Para Amfibi KKO AL Kapten KKO Winanto.

Anggota RPKAD Kopral Anang berhasil mengangkat jasad Lettu CZI Pierre Andreas Tendean atau ajudan Jenderal A.H. Nasution.

Pratu KKO Subekti mengangkat dua jenazah sekaligus, yakni jasad Mayjen Suwondo Parman (Asisten I bidang intelijen Menpangad) dan Mayjen Soeprapto (Deputi II Menpangad).

Kopral KKO Hartono berhasil mengangkat jenazah Mayjen Haryono M.T. (Deputi III Menpangad) dan Brigjen Sutoyo Siswomihardjo (Inspektur Kehakiman/Oditur Jenderal TNI-AD). Sementara Serma KKO Suparimin berhasil mengangkat jenazah Letjen A. Yani.

Kapten KKO Winanto sendiri mengecek lagi ke dalam sumur untuk memastikan masih ada atau tidaknya jenazah lain. Alumnus AAL 1959 itu ternyata berhasil menemukan satu jasad lagi, yakni Brigjen D.I. Pandjaitan (Asisten IV bidang Logistik Menpangad).


(MBM)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

3 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /