Mentan Lepas 200 Ton Mangga Harum Manis untuk Ekspor

Gervin Nathaniel Purba    •    01 Oktober 2015 10:38 WIB
kementan ads
Mentan Lepas 200 Ton Mangga Harum Manis untuk Ekspor
Mentan Amran Sulaiman ketika melepas mangga harum manis untuk ekspor (Foto: MTVN/Gervin Nathaniel Purba)

Metrotvnews.com, Surabaya: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melepas mangga harum manis sebanyak 200 ton untuk ekspor. Baginya ini merupakan suatu kemajuan lantaran komoditas ini mengikuti beberapa sektor komoditas strategis lainnya yang sudah mulai ekspor.

"Coba 200 ton lebih eskpor mangga. Kalau 1.000 pengusaha mengekspor 200 ton berarti totalnya sudah 200 ribu ton," ujar Amran Sulaiman, ketika di Jalan Tidar, Gang Muria, Surabaya, Rabu (30/9/2015) malam. 

Pada kesempatan itu, Amran mengaku akan memperketat standar keamanan buah. Hal ini dilakukan mengingat ekspor mangga harum manis pernah ditolak oleh Tiongkok lantaran minimnya standar keamanan buah. Dengan pengetatan itu diharapkan mangga harum manis bisa kembali diekspor ke Tiongkok.

"Nanti kita bergerak, kita perketat, kita shortir dulu sebelum dikirim. Itu penting. Yang jelas aku sudah minta ke Badan Karantina. Ini hanya persoalan menjaga hubungan dengan negara tetangga. Seperti kita menjalin hubungan dengan tetangga kita," ungkap Amran.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama (Dirut) Wijaya Fruits Gianto Wijaya mengatakan, mangga harum manis yang disiapkan ini akan diekspor ke Singapura, Malaysia, Hong Kong, Brunei Darrusalam, dan sebagian Arab Saudi. "Besok ekspor mangga harum manis ke Malaysia sekitar tiga ton lebih," tutur Dirut Wijaya Fruits Gianto Wijaya.

Kemudian, ia menjelaskan, satu kilogram (kg) mangga harum manis yang diekspor itu dijual dengan harga sekitar Rp50 ribu per kg. "Kita tiap hari ekspor," ungkapnya seraya menambahkan bahwa ada ke depannya ada rencana produktivitas mangga harum manis akan lebih ditingkatkan lagi. Sehingga semakin banyak pihak yang terlibat dalam usaha ekspor mangga.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /