Orang Gila dan Ratusan Almarhum Masuk DPS Pilkada Sumenep

Agus Josiandi    •    01 Oktober 2015 12:04 WIB
pilkada serentak
Orang Gila dan Ratusan Almarhum Masuk DPS Pilkada Sumenep
Simulasi pilkada (ilustrasi). (Antara/Nyoman Budhiana)

Metrotvnews.com, Sumenep: Sebanyak 3.054 nama dalam daftar pemilih sementara (DPS) Pilkada Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak layak. Sementara, 584 nama pemilih yang seharusnya masuk daftar, justru tidak tercantum dalam DPS. 

Adapun rincian pemilih bermasalah tersebut adalah 989 orang pemilih ganda, 579 orang pemilih meninggal dunia, sakit jiwa 9 orang, belum cukup umur 4 orang, dan pemilih dari TNI/ Polri 3 orang.

Sementara, 327 orang sisanya tergolong pemilih fiktif atau tidak dikenal. Berdasarkan data Panwaslih Kabupaten Sumenep, 3.054 data pemilih bermasalah tersebut tersebar di 14 kecamatan. 

Selain data tersebut di atas, terdapat sedikitnya 384 daftar pemilih yang tidak tercatat dalam DPS yang diumumkan KPU. Satu orang TNI/Polri pensiun, dan 583 pemilih baru.

Panwaslih mengaku belum melaporkan temuan itu kepada KPU Sumenep. Panwaslih mengaku masih menunggu sisa data dari 13 Kecamatan lain yang sedang diproses.

"Kita tunggu sampai data semua kecamatan terkumpul, baru nanti diserahkan ke KPUD," terang Moh Amin, ketua Panwaslih Sumenep, Kamis (1/10/2015).

Panwaslih berharap, KPUD bisa bertindak proaktif dalam menyikapi persoalan ini, dan tidak sekadar menunggu laporan masyarakat.

"Sulit kalau menyikapinya dengan hanya menunggu laporan masyarakat, saya harap KPUD bisa proaktif dalam melakukan perbaikan data dengan terjun langsung ke masyarakat," imbuh Amin.


(SAN)

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea
Jelang Chelsea vs Barcelona

Jumpa Barcelona, Hargreaves Kasihan dengan Fan Chelsea

21 hours Ago

Chelsea ditakdirkan bersua Barcelona pada babak 16 besar Liga Champions 2017 -- 2018. Mantan pe…

BERITA LAINNYA
Video /