Status Bencana Nasional Tak Menjamin Kebakaran Hutan Cepat Ditanggulangi

Anggitondi Martaon    •    01 Oktober 2015 17:19 WIB
asap
Status Bencana Nasional Tak Menjamin Kebakaran Hutan Cepat Ditanggulangi
Kepala BNPB Willem Rampangilei----MTVN/Anggito

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah didesak menaikkan status kebakaran hutan dan asap menjadi bencana nasional. Sebab, dua bencana itu sudah sangat merugikan masyarakat.

Namun, Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Williem Rampangilei mengatakan, naiknya status kebakaran hutan dan asap menjadi bencana nasional tidak serta merta menjamin proses penanggulangan akan cepat diatasi.

‎"Jadi apakah kalau ditetapkan bencana nasional akan percepat penanganan? Jawabannya tidak karena pemerintah sudah melakukan penanganan,"‎ kata Williem  dalam konferensi pers di Graha Gedung BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Kamis (1/10/2015).

Williem mengungkapkan, sumber daya nasional sudah dikerahkan pemerintah untuk menanggulangi kebakaran hutan dan asap tahun ini. Meskipun, statusnya tidak ditetapkan sebagai bencana nasional.‎

"Sekarang kita sudah kerahkan sumber daya nasional seperi TNI dengan heli bikin hujan buatan‎," ungkap dia.

Tak hanya itu, kata Williem, penaikkan status menjadi bencana nasional harus memenuhi beberapa unsur seperti yang diatur dalam Pasal 7 Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana. Salah satunya, indikator jumlah korban, kerugian harta benda, kerusakan sarana dan prasarana, cakupan luas wilayah yang terkena bencana, dan dampak sosial ekonomi yang ditimbulkan.‎

 


(TII)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /