Kemenkeu RI dan Kedubes Prancis Diskusikan Dana Perubahan Iklim

Willy Haryono    •    01 Oktober 2015 20:33 WIB
perubahan iklim
Kemenkeu RI dan Kedubes Prancis Diskusikan Dana Perubahan Iklim
Dubes Prancis untuk Indonesia Corinne Breuze. (Foto: AFP / Romeo Gacad)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Keuangan Republik Indonesia dan Kedutaan Besar Prancis berdialog mengenai Dana Iklim, Kamis (1/10/2015), dalam bagian kerangka Konferensi Perubahan Iklim PBB (COP 21) yang akan diadakan di Paris mulai 30 November hingga 11 Desember 2015. 

Prancis diwakili Duta Besar untuk Indonesia Corinne Breuze dan Indonesia Suahasil Nazara, Kepala Agensi Kebijakan Fiskal Kemenkeu. Keduanya mengekspresikan pentingnya komitmen di sektor finansial dalam upaya mengantisipasi perubahan iklim. Nur Marispatin, Direktur Jenderal Perubahan Iklim dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Marlina Efrida, Kepala Riset Otoritas Jasa Keuangan, telah mengenalkan aksi Indonesia dalam pengembangan berkesinambungan. 

Pascal Furth, perwakilan Kemenkeu Prancis di Indonesia dan Ghislain de Valon, Kepala Agensi Pengembangan Prancis (AFD), telah mengemukakan sejumlah masalah dalam pendanaan perubahan iklim, terutama di Indonesia, dan juga beragam inisiatif yang sudah dijalankan. 

Sektor finansial, aktor kunci dalam perekonomian global, mempunyai tugas untuk menjadi bagian dari koalisi global melawan perubahan iklim. Finansial adalah pelengkap dari berbagai kebijakan perubahan iklim. Walau finansial tidak akan pernah mampu mengubah kebijakan, namun kebijakan yang baik membutuhkan pendanaan yang baik pula. Kepresidenan Prancis ingin berkontribusi untuk mempercepat mobilisasi ini dari sektor finansial. 

Prancis ingin menggarap dua pilar utama terkait aspek finansial: implementasi dan penguatan komitmen terdahulu, terutama perjanjian Copenhagen yang bertujuan mengumpulkan dana hingga USD100 miliar untuk masalah perubahan iklim dari negara maju dan berkembang pada 2020. Pilar kedua adalah reorientasi dari seluruh aliran keuangan, di negara maju dan berkembang, meuju ketahanan finansial dan ekonomi yang menggunakan sedikit emisi karbon, termasuk infrastruktur dan moda produksi serta konsumsi. 

Peserta yang hadir dalam dialog kali ini adalah perwakilan dari otoritas Indonesia dan sektor perbankan yang saling bertukar pandangan mengenai bagaimana sektor keuangan di Indonesia berkomitmen terhadap insiatif ini, dan apa yang diharapkan dari pemerintah terkait masalah perubahan iklim. 


(WIL)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /