Petani Gagal Panen Akan Disubsidi

Ahmad Rofahan    •    01 Oktober 2015 20:53 WIB
gagal panen
Petani Gagal Panen Akan Disubsidi
Ilustrasi. Foto: Antara/ Dedhez

Metrotvnews.com, Cirebon: Sekretaris Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Kehutanan Kabupaten Cirebon, H Muhidin, akan mengupayakan pemberian kompensasi bagi petani yang mengalami gagal panen dalam bentuk benih dan pupuk.

Bantuan diberikan langsung oleh pemerintah pusat yang disalurkan melalui pemerintah Jawa Barat ke setiap kabupaten. “Saya sudah melakukan laporan ke Pemerintah provinsi," kata Muhidin, Kamis (1/10/2015).

Rinciannya, dari sasaran tanam 44 ribu hektare, yang terealisasi 38.733 hektare dan yang bisa dipanen hingga akhir Agustus 11.323 hektare. "Pusonya 3.922 hektare, yang belum dipanen 13.676 hektare, dan yang gagal tanam 5.267 hektare,” kata dia.

Muhidin mengaku sudah mendapatkan kepastian bantuan tersebut dari Kepala Sub bagian Anggaran Dirjen Pengadaan Sarana Prasarana, Kementerian Pertanian, Gunawan.

“Ganti rugi tersebut berbentuk pupuk NPK 100 kilogram per hektare, Urea 150 kilogram per hektare dan benih padi 25 kilogram per hektare,” kata Muhidin.

Menurut keterangan yang didapatkan dari Gunawan, Muhidin menyebut total bantuan untuk seluruh wilayah di Jabar sebesar Rp51 miliar untuk lahan seluas 42 ribu hektare. Muhidin mengaku belum mendapatkan kepastian jumlah bantuan yang akan diterima para petani di Kabupaten Cirebon.

“Nah, nanti ada yang saya utus ke sana (pemerintah Jabar) untuk menanyakan berapa bantuan untuk Kabupaten Cirebon,” katanya.

Ia juga mengaku tidak mengetahui pasti apakah bantuan tersebut diberikan pada para petani yang gagal panen, puso atau gagal tanam. Menurutnya, bantuan tersebut memang sudah ada dalam dipa anggaran di Kementerian Pertanian Jawa Barat dan akan diberikan pertengahan Oktober ini.


(UWA)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /