Pemerintah Redam PHK via Percepat Penyerapan Anggaran

Desi Angriani    •    01 Oktober 2015 21:31 WIB
anggaran
Pemerintah Redam PHK via Percepat Penyerapan Anggaran
Menko Perekonomian Darmin Nasution (MI/PANCA SYURKANI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, pemerintah siap mempercepat laju penyerapan anggaran guna menekan terjadinya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat kondisi ekonomi yang sekarang ini tengah mengalami perlambatan.

"Mengenai PHK ini soal seberapa meningkat perlu clear juga. Karena beritanya tidak pernah jelas. Konon kabarnya atau kelihatannya. Tetapi juga bisa masuk akal bahwa dalam situasi ekonomi melambat, harga ekspor turun ya masuk akal kalau kemudian ada bisnis yang mengurangi tenaga kerja," kata Darmin, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/10/2015).

Ia tidak menampik jika harga komoditas seperti batu bara atau kelapa sawit jatuh begitu dalam maka ada pengaruh terhadap pengurangan tenaga kerja. Namun, pemerintah siap mengantisipasi hal tersebut agar tidak terus berlanjut di kemudian hari.

"Katanya harga kelapa sawit cuma Rp5.000 di level petani, itu pasti pengaruh. Nah, bagaimana pemerintah menjawab itu, tetap saja bagaimana mempercepat penyerapan anggaran. Supaya aktivitasnya jalan," ungkap mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) ini.

Selain itu, lanjutnya, adalah bagaimana mengoptimalkan dana desa yang disalurkan ke desa-desa yang tersebar di seluruh Indonesia. Jika diurut maka berbagai macam kebijakan yang dikeluarkan pemerintah memiliki tujuan agar pertumbuhan ekonomi dan nilai tukar rupiah tidak lagi melemah.

"Termasuk bagaimana dana desa. Jadi ada sejumlah pekerjaan yang mendorong padat karya, supaya menampung tenaga kerja banyak. Saya mendengar PLN mengatakan ada 1.100 titik untuk membangun transmisi yang akan dikerjakan, walaupun itu baru dua tahun selesai. Tapi sudah akan mulai. Itu pasti memerlukan orang. Tidak mungkin mesin pergi ke gunung-gunung sana," pungkasnya.


(ABD)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /