BI: Penurunan Suku Bunga Tidak Hanya Dipengaruhi Inflasi

Eko Nordiansyah    •    02 Oktober 2015 15:10 WIB
suku bunga
BI: Penurunan Suku Bunga Tidak Hanya Dipengaruhi Inflasi
Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyambut baik rencana pemerintah untuk memangkas suku bunga perbankan. Meski inflasi saat ini terkendali di bawah tujuh persen, namun penurunan suku bunga tidak hanya dipengaruhi faktor inflasi saja.

"Tapi untuk melihat tingkat bunga itu memang tidak hanya dari inflasi, yang paling utama yang mesti kita pertimbangkan adalah kondisi sekarang sedang tidak pasti," kata Agus, di Gedung BI, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (2/10/2015).

Dirinya menambahkan, kondisi eksternal saat ini dipengaruhi oleh ketidakpastian kenaikan suku bunga di Amerika Serikat (AS) dan pelemahan ekonomi Tiongkok. Kondisi tersebut kemudian memengaruhi arus modal yang masuk ke Indonesia.

"Capital outflow itu membuat keuangan menjadi agak lemah. Justru kalau kita nanti melakukan penyesuaian tingkat bunga maka kita mesti hati-hati sampai kondisi eksternal yang melemah ini, kemudian justru akan lebih memberatkan bagi kondisi pergerakan pasar keuangan di Indonesia," jelas dia.

Di samping itu, Mantan Menteri Keuangan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga menegaskan jika risiko terhadap kenaikan inflasi masih tetap ada. Misalnya tekanan inflasi akibat el nino.

"Tapi kalau seandainya itu turun langsung semata-mata, maka tingkat bunga akan diturunkan. Mohon pengertian karena kondisi eksternal sangat tidak stabil. Dan kalau kita melakukan yang tidak hati-hati maka akan berdampak (pada laju perekonomian)," pungkasnya.


(ABD)

Real Madrid Memboyong 20 Pemain saat Menyambangi APOEL
Jelang APOEL vs Real Madrid

Real Madrid Memboyong 20 Pemain saat Menyambangi APOEL

1 hour Ago

Real Madrid akan berhadapan dengan APOEL pada penyisihan Grup H Liga Champions 2017 -- 2018, 22…

BERITA LAINNYA
Video /