Pemerintah Cabut 161 Izin Usaha Pertambangan

Annisa ayu artanti    •    02 Oktober 2015 16:12 WIB
pertambangan
Pemerintah Cabut 161 Izin Usaha Pertambangan
Gedung Kementerian ESDM (Foto: Dokumentasi Setkab)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat telah melakukan pencabutan sebanyak 161 Izin Usaha Pertambangan (IUP). Hal itu dilakukan lantaran banyak IUP yang telah habis masa berlakuknya, tumpang tindih kepemilikan dalam satu wilayah, dan lain sebagainya.

Seperti dikutip dari laman Direktorat Jendral Minyak dan Gasbumi (Migas), Kementerian ESDM, Jumat (2/10/2015) dijelaskan melalui Surat Keputusan Pencabutan IUP dari pemerintah daerah menyatakan sebanyak 161 IUP telah dicabut.

Pencabutan 161 IUP ini merupakan tindak lanjut dari hasil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahap II, yakni pada 10 September 2015. Adapun beberapa IUP yang dicabut di antaranya untuk komoditas bauksit, emas, timah, batu bara, nikel, batuan (basalt), pasir laut, bijih besi, pasir, batu gamping, bijih nikel, mangan, galena, batu kali, seng, batu kuarsa, sirtu, dan molybdenum.

Sementara itu, untuk wilayah tambang yang dicabut IUP-nya di antaranya untuk wilayah Kalimantan Barat, Morowali, Nagan Raya, Lampung Timur, Banyuasin, Pasaman Barat, Bulungan, Kolaka, Tanggamus, Sinjai, Bungo, Konawe, Halmahera Timur, Empat Lawang, Toli-Toli, dan Sigi.



(ABD)

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG
Liga Champions 2017--2018

Ronaldo: Real Madrid Tidak Takut PSG

2 days Ago

Cristiano Ronaldo menegaskan dia dan rekan setimnya tidak takut jika harus berhadapan dengan Pa…

BERITA LAINNYA
Video /