Breast Cancer Awareness Month

Makanan Pencegah Kanker Payudara

   •    02 Oktober 2015 17:08 WIB
kanker
Makanan Pencegah Kanker Payudara
Brokoli kaya akan antioksidan. (Foto:dailymail.co.uk)

Metrotvnews.com, Jakarta: Para peneliti di bidang kanker membuktikan bahwa gaya hidup dan kebiasaan makanan dapat memiliki dampak yang besar pada kesehatan Anda. Ada banyak makanan yang dapat mencegah penyakit kanker payudara.

Mengonsumsi banyak makanan berlemak, minyak, mentega dan margarin memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara. Selain itu, sederet nama seperti olahan junk food hingga asupan gula yang tinggi juga menjadi penyebab utama Anda rentan terkena penyakit ini.

Mulai sekarang, pilihlah makanan yang sehat untuk disantap apalagi bila Anda berada di masa menopause. Dan berikut beberapa makanan yang bisa mencegah kanker payudara.

1. Brokoli 
Sayuran hijau, brokoli itu tinggi sulforaphane, yang merupakan salah satu antioksidan. Menyantap brokoli sama saja Anda akan menghancurkan sel-sel kanker pada tubuh dengan lebih efektif.

2. Delima
Buah delima mengandung antioksidan yang kuat guna menghambat enzim yang berperan penting dalam perkembangan kanker payudara. Di sisi lain, buah merah ini juga bagus dalam meningkatkan kesehatan jantung.

3. Lentil
Lentil kaya akan serat, folat dan nutrisi yang akan membantu menjaga payudara dari risiko kanker. Lentil merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berbentuk pipih, nyaris seperti biji jagung.

4. Kenari
Menyantap 2 ons kenari terbukti memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker. Kenari juga memiliki kandungan omega-3, antioksidan dan pitosterol yang sangat tinggi.

5. Bluberi
Menurut penelitian, phytonutrisi dapat menghentikan pertumbuhan kanker payudara. Proses merusak diri sendiri ini disebut sebagai apoptosis. Kabar baiknya, Ini ditemukan pada buah blueberi.

6. Bayam
Vitamin B dalam sayuran bayam berfungsi dalam pembelahan sel yang tepat sehingga sel-sel tumbuh dengan sehat tanpa terkontaminasi dengan apapun termasuk kanker.

7. Telur
Nutrisi yang ditemukan dalam kuning telur diperlukan untuk berfungsinya sel. Ada penelitian yang menunjukkan bahwa makan setidaknya satu telur setiap hari akan menghasilkan lebih banyak lagi sel-sel sehat daripada sel kanker.

8. Ikan salmon
Ikan salmon kaya vitamin D dan lemak omega-3 yang akan membasmi sebagian besar sel-sel kanker payudara pada tubuh. 

9. Jamur
Tiram dan jamur memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang telah terbakti sebagai perlindungan dari penyakit kanker. (Sumarni/ Boldsky)


(LOV)

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan
Jelang Atletico Madrid vs AS Roma

Jamu Roma di Stadion Pembawa Sial, Atletico Berharap Keberuntungan

52 minutes Ago

Atletico Madrid wajib memenangi laga lanjutan Liga Champions matchday kelima atas AS Roma di St…

BERITA LAINNYA
Video /