Sejarah 'Kelahiran' Twin Otter DHC-6 pada 1965

Yogi Bayu Aji    •    03 Oktober 2015 07:44 WIB
aviastar hilang kontak
Sejarah 'Kelahiran' Twin Otter DHC-6 pada 1965
Dua kru berada di samping pesawat Twin Otter Seri 400 Viking di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, Jatim, Kamis (1/3). FOTO ANTARA/Eric Ireng

Metrotvnews.com, Jakarta: Pesawat Twin Otter DHC-6 sedang menjadi buah bibir. Burung besi tipe tersebut yang dimilik Maskapai Aviastar hilang dalam penerbangan dengan rute Masamba-Makassar, Jumat 2 Oktober 2015 kemarin.

Seperti dilansir Vikingair.com, kendaraan terbang ini awalnya dikembangkan de Havilland Canada pada 1965 silam. Dia didesain bersayap tinggi dengan mesin turbin kembar dan tiga roda tetap.

Twin Otter DHC-6 memang dirancang untuk landasan pendek alias Short Take Off dan Landing (STOL). Dengan rancangan ini, dia mampu membawa penumpang dan kargo ke lokasi terpencil yang tidak terjangkau.

Alhasil, pesawat ini laris terjual untuk beroperasi di lokasi yang paling 'keras'. Pejualannya masuk sampai ke daerah dingin Antartika, padang pasir Afrika Utara, daerah pegunungan Himalaya, dan perairan Samudera Hindia.

"Twin Otter menjadi pesawat penumpang 19 terlaris sepanjang masa, masih tak tertandingi untuk kehandalan dan fleksibilitas," tulis Produsen Pesawat Viking seperti yang disitat dari situsnya, Sabtu (3/10/2015)

Namun, nasib de Havilland Canada sebagai perancangnya tak demikian. Usai berkiprah selama sekitar 30 tahunan, de Havilland Canada resmi ditutup pada 1988 setelah sukses mengirimkan 844 Twin Otter.

Kendati sang 'Bapak' telah tiada, taji Twin Otter tetap bertahan. Pada 2001, Twin Otter terpilih sebagai satu-satunya pesawat yang mampu melakukan misi penerbangan evakuasi darurat terhadap pasien kritis dari Kutub Selatan di bawah suhu ekstrim -60 derajat.

Pada 2005, Twin Otter kembali bisa 'mengepakkan sayap' lebih lama lagi usai 'diangkat anak' oleh Produsen Pesawat Viking asal Kanada. Viking membeli semua sertifikat produksi pesawat de Havilland dari DHC-1 sampai DHC-7, termasuk Twin Otter.

Viking kemudian mengembangkan Twin Otter rancangan de Havilland Canada hinggga tercipta Twin Otter Seri 400. Dalam rentang waktu 2010 sampai 2015, 75 seri baru tersebut sudah dikirimkan ke berbagai maskapai.




 


(OGI)

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo
Jelang Napoli vs Shakhtar Donetsk

Pelatih Napoli Sejajarkan Insigne dengan Messi, Neymar dan Ronaldo

54 minutes Ago

Napoli dijadwalkan bentrok kontra Donetsk untuk memainkan matchday kelima Liga Champions 2017--…

BERITA LAINNYA
Video /