Kemendag Minta Pemda Tentukan Lokasi Penjualan Minol

Gervin Nathaniel Purba    •    03 Oktober 2015 14:33 WIB
minuman beralkohol
Kemendag Minta Pemda Tentukan Lokasi Penjualan Minol
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengaku telah memberikan perintah kepada pemerintah daerah (pemda) terkait penentuan lokasi berjualan minuman beralkohol (minol) sekaligus lokasi konsumen untuk mengkonsumsi minol di daerah tersebut.

Direktur Logistik dan Sarana Distribusi Kemendag Jimmy Bella mengatakan, hal ini sebenarnya sudah diatur dalam Permendag No. 20 Tahun 2014. Menurutnya, ini tinggal bagaimana pemda setempat menyikapi arahan yang diberikan dari pemerintah pusat.

"Kami sudah berikan perintah kepada pemda untuk menentukan tempat-tempat mana boleh jual minol dan langsung minum ditempat. Tapi tidak tahu apakah perintah itu dimengerti oleh pemda. Dari pusat ada rambu-rambu tempat mana yang boleh dan tidak boleh. Tapi itu yang lebih tahu Bupati daerah tersebut," ujar Jimmy, di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/10/2015).

Ia mencontohkan, seperti kawasan Bali yang memang merupakan kawasan wisata asing sehingga lebih mudah dalam menentukan lokasi penjualan minol. Namun, situasi ini belum tentu sama dengan daerah lain. Sehingga, dalam penentuan lokasi ini harus menghormati adat istiadat daerah setempat.

"Bali sekitar 50 persen mungkin daerah terbuka tapi daerah lain kan tidak. Jadi Permendag kasih perintah ke daerah utuk menentukan. Jadi pemda setempat yang lebih mengetahui adat istiadat di daerahnya. Sehingga pedagang tahu aturan dan bagaimana jualnya," ungkap Jimmy.

Namun, tambahnya, sejauh ini belum ada pertentangan terkait aturan berjualan minol antar pemda dan pemerintah pusat. "Sampai saat ini tidak ada, berpacu dengan pusat," jelasnya.

Hal senada dikatakan Anggota DPR RI Komisi VI Refrizal yang mengatakan revisi Permendag ini memang ditujukan untuk mengendalikan pembelian minol secara bebas. "Tambah satu pasal tentang mengatur tempat penjualan, dijual di tempat tertentu, tidak semua orang gampang beli minuman keras," tuturnya.


(ABD)

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

Infografik: Adu Tajam Ronaldo vs Kane

1 hour Ago

Ronaldo dan Kane sama-sama mencetak 43 gol sepanjang 2017. Siapakah yang lebih tajam di antara …

BERITA LAINNYA
Video /