Omzet Industri Minol Turun 40 Persen

Gervin Nathaniel Purba    •    03 Oktober 2015 15:24 WIB
minuman beralkohol
Omzet Industri Minol Turun 40 Persen
Ilustrasi (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Industri minuman beralkohol (minol) mengalami penurun omzet sebanyak 40 persen di semester I-2015. Hal ini disebabkan dampak dari dikeluarkannya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 6/2015 tentang Pengendalian dan Pengawasan Terhadap Pengadaan, Peredaran, dan Penjualan Minuman Beralkohol.

Executive Committe Member Gabungan Industri Gabungan Industri Minuman Malt Indonesia Bambang Britono mengatakan saat ini sudah banyak kalangan industri minol yang merumahkan karyawannya akibat dampak dari penurunan omzet.

"Banyak juga yang sudah merumahkan. Dari laporan kita mereka beralasan hanya mengurangi jam kerja, tapi kan arahnya ke sana (PHK)," ujar Bambang Britono, dalam sebuah diskusi, di Warung Daun Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (3/10/2015).

Selain itu, lanjutnya, adanya Permendag yang sudah dikeluarkan sejak April 2015 ini membuat pasar resah. Ia menilai, tidak ada salahnya bila pemerintah khususnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sosialisasi terlebih dahulu sebelum mengeluarkan suatu kebijakan. 

"Permendag No 6 Tahun 2015 yang dikeluarkan sejak April yang sudah diprediksi sejak Januari membuat pasar resah. Aparat-aparat daerah bilang April sudah keluar jadi siap-siap mau operasi," ungkap Bambang.

Dirinya menambahkan, selama ini industri minol sudah selalu mengikuti aturan-aturan yang ditetapkan oleh pemerintah, khsusnya pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda). Namun kenyataannya, konsumen akan terus mencari minol lantaran bagi sebagian besar orang mengkonsumsi minol sudah menjadi suatu kebiasaan.

"Saya berharap adanya kejelasan dari Permendag No 6 Tahun 2015, bagaimana regulasinya, dan mekanismenya. Jangan karena adanya peraturan ini, banyak pihak yang dirugikan," pungkasnya.


(ABD)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /