Pemilih di Pilkada Surabaya Berkurang 30 Ribu Orang

Amaluddin    •    03 Oktober 2015 17:59 WIB
pilkada serentak
Pemilih di Pilkada Surabaya Berkurang 30 Ribu Orang
Ilustrasi persiapan pilkada serentak. Foto: Antara/Noveradika

Metrotvnews.com, Surabaya: KPU Kota Surabaya, Jawa Timur menetapkan 2.034.307 daftar pemilih tetap (DPT) untuk pemilih di 3.936 tempat pemungutan suara pada pemilihan kepala daerah Kota Surabaya, 9 Desember ini. Jumlah tersebut berbeda dari daftar pemilih sementara (DPS) yang telah ditetapkan pada awal September silam, yakni 2.069.246 orang.

"Jumlah DPT tahun ini berkurang sekitar 30 ribu pemilih," kata Komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis Penyelenggaraan dan Data, Nurul Amalia, di Surabaya, Sabtu (3/10/2015).

Nurul mengatakan, dari jumlah DPT yang sudah ditetapkan pada rapat pleno, Jumat 2 Oktober, sebanyak 994.026 orang pemilih laki-laki dan 1.040.281 orang pemilih perempuan. "Untuk rincian detailnya saya lupa. Yang jelas jumlah berkurang disebabkan karena pindah domisili, meninggal, dan alasan lain," katanya.

Sebelum menetapkan DPT, KPU sudah memberi kesempatan masyarakat untuk memantau sekaligus memastikan apakah namanya dan anggota keluarganya telah masuk dalam DPS. Namun, menurut dia, belum ada warga yang melapor ke KPU.

Untuk itu, Nurul berharap masyarakat Kota Surabaya mengecek apakah sudah terdaftar dalam DPT yang selanjutnya akan diumumkan di balai RT/RW dan kelurahan se- Surabaya mulai 12 Oktober.
 
"Atau bisa juga dicek di www.kpu-surabayakota.go.id dengan mengetik NIK (nomor induk kependudukan). Silakan dipastikan di TPS mana pemilih terdaftar sehingga memudahkan saat pemungutan suara 9 Desember mendatang,” kata Nurul.


(UWA)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /