Obama Berduka atas Insiden Tragis di RS Afghanistan

Willy Haryono    •    04 Oktober 2015 13:01 WIB
konflik afghanistan
Obama Berduka atas Insiden Tragis di RS Afghanistan
Presiden AS Barack Obama memberikan pernyataannya di Gedung Putih, Washington, Jumat (2/10/2015). (Foto: AFP / JIM WATSON)

Metrotvnews.com, Kabul: Presiden Amerika Serikat Barack Obama berduka cita atas insiden tragis yang menewaskan sedikitnya 19 orang di rumah sakit Doctors Without Borders (MSF) di Afghanistan. 

RS MSF di kota Kunduz terkena serangan udara pada Sabtu (3/10/2015) dini hari waktu setempat, menewaskan 12 staf dan tujuh pasien, termasuk tiga anak-anak. 

Serangan terjadi bertepatan dengan operasi udara militer AS di Kunduz dalam melawan kelompok militan Taliban. 

"Kementerian Pertahanan telah meluncurkan investigasi penuh, dan kita akan menunggu hasilnya sebelum menentukan apa yang sebenarnya terjadi dalam tragedi ini," ujar Obama dalam sebuah pernyataan yang dirilis Gedung Putih, seperti dikutip AFP. 

MSF mengatakan serangan ini merupakan pelanggaran berat hukum kemanusiaan internasional. Menurut mereka, seharusnya semua pihak sudah mengetahui titik koordinat RS ini. 

"Banyak pasien dan staf yang masih belum dihitung, apakah ikut menjadi korban atau tidak. Jumlah korban mungkin bertambak," ujar MSF. 

Kondisi kejadian belum dapat dipastikan, namun militer Amerika Serikat tengah melancarkan serangan udara di Kunduz di waktu yang sama dengan hancurnya RS MSF. 

Militer AS menyelidiki apakah pesawat AC-130, yang sedang beroperasi dalam menggempur Taliban dari udara, bertanggung jawab dalam serangan ini. 


(WIL)

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi
Rasisme dalam Sepakbola

Suporter Bertindak Rasis, AS Roma Terancam Sanksi

2 days Ago

Suporter AS Roma tirukan suara monyet ke arah Antonio Rudiger, bek Chelsea saat kedua tim bentr…

BERITA LAINNYA
Video /