Rayakan HUT ke-70, Panglima TNI Tingkatkan Semangat Patriotik Prajurit

Intan fauzi    •    05 Oktober 2015 07:28 WIB
Rayakan HUT ke-70, Panglima TNI Tingkatkan Semangat Patriotik Prajurit
Geladi bersih hari ulang tahun ke-70 TNI dilakukan di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten--Metrotvnews.com/Intan Fauzi.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperingati HUT ke-70 di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, hari ini (5/10/2015).

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berharap peringatan ini menjadi momentum prajurit TNI untuk terus memperbaiki pelayanan, disiplin, dan juga semangat dalam mempertahankan kedaulatan Indonesia.

"Tema ini merefleksikan niat, tekad dan semangat patriotik dan profesionalisme prajurit TNI untuk berbuat dan berkarya yang lebih baik, lebih berkualitas dan lebih berkapasitas dalam bingkai NKRI. Bagi TNI sikap patriot sejati dan peningkatan profesionalisme serta keberadaannya dicintai rakyat adalah kunci kekuatan TNI dalam menyelesaikan setiap tugas yang diberikan negara," kata Jenderal Gatot Nurmantyo di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Minggu (4/10/2015).

Presiden Joko Widodo akan menjadi inspektur upacara (Irup). Sementara itu Komandan upacara adalah Pangkostrad, Letjen TNI Edy Rahmayadi.

Dalam perayaan HUT TNI ke-70 ini, TNI dari ketiga angkatan akan menunjukkan atraksi dan kecanggihan alat tempurnya. Pasukan yang terlibat parade dan defile adalah Batalyon Gabungan Pamen TNI sebanyak 269 personel. Brigade upacara I gabungan TNI sebanyak 809 personel, terdiri dari Pom TNI, Wan TNI dan Akademi TNI. Brigade upacara II TNI AD sebanyak 809 personel, terdiri dari Kopassus, dua Batalyon Kostrad.

Tak hanya itu, alutsista TNI juga akan dikerahkan. TNI AD mengerahkan enam Tank Scorpion, empat Tank Marder, empat Panser Tarantula dan satu Radar Giraffe.

TNI AL sendiri mengerahkan empat Tank BMP 3 F, tiga Tank LVT 7, tiga Roket RM 70 Grad dan dua Howitzer LG 1 MK 2.

Sedangkan TNI AU mengerahkan dua Ransus Smart Hunter, dua Truk Mercy Target, Drone dan Rudal QW3.

Usai pelaksanaan upacara dan demonstrasi prajurit, TNI AD dijadwalkan akan menampilkan demo Yongmoodo berkekuatan 3.233 prajurit TNI AD. Demo ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan prajurit dalam teknik beladiri militer dengan baik, sedangkan gerakan yang ditampilkan adalah Yonghobob, Gibon, Sasu, teknik jatuh, perkelahian tanpa alat dan perkelahian dengan alat.

Sedangkan untuk TNI AL akan mendemontrasikan operasi laut gabungan, operasi amphibi, operasi laut gabungan dalam rangka merebut keunggulan laut dan operasi amphibi untuk mengembalikan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
(DEN)

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16
Timnas U-16

Rekam Jejak Indonesia di Piala Asia U-16

1 day Ago

Terhitung dari 17 kali penyelenggaraan yang sudah berlangsung. Indonesia hanya mampu lolos ke p…

BERITA LAINNYA
Video /