Makna Gerakan Tubuh Bayi

   •    05 Oktober 2015 14:11 WIB
bayi
Makna Gerakan Tubuh Bayi
Gerakan dan ekspresi bayi mengandung makna (Foto:Shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bayi biasanya berkomunikasi dengan bahasa non-verbal, yakni berupa isyarat karena dia belum lancar bercakap-cakap.

Pertama kali dilahirkan, bayi dikarunai kemampuan dalam mengekspresikan emosi, termasuk keriangan, kepuasan, dan ketidaksukaan.

Dengan mengetahui makna bahasa tubuh bayi, maka Anda akan dapat merespons dengan cepat apa yang bayi butuhkan.

1. Melihat suatu obyek
Bayi membutuhkan waktu untuk memahami hal yang baru karena otaknya masih berkembang. Dia akan menatap benda lain yang memikat hanya untuk mendapatkan nuansa lingkungan. Biarkan bayi Anda menatap benda tersebut untuk mencari tahu warna, bentuk, jarak yang akan tersimpan dalam memorinya.

2. Kaki menendang
Bayi menendang karena popok sudah kotor atau dia merasa terlalu sempit saat digendong. Bayi dengan kaki menendang juga bisa berarti bahwa dia sedang senang dan ingin bermain. Selain itu, ekspresi memekik senang pertanda dia sedang bahagia.

3. Mengangkat lengan
Bayi yang mengulurkan tangan itu menunjukkan bahwa dia ingin Anda gendong atau bisa jadi dia sedang memberi kode ingin mengajak Anda jalan-jalan karena bosan. Jika demikian, angkat bayi Anda dan ajak berkeliling sejenak.

4. Melengkungkan punggung
Bayi yang melengkungkan punggung pertanda dia sedang mencoba mencari kenyamanan. Atau ada juga yang mengatakan bahwa itu pertanda langsung dari masalah refluks asam. Perhatikan, apakah bayi Anda tidur dengan baik atau tidak. Jika tidak, segera periksa ke dokter untuk membantu mengurangi asam dalam perutnya.

5. Mengucek mata atau telinga
Bayi yang menggosok mata dan telinga dengan tangan, pertanda dia sudah lelah dan mengantuk. Segera bawa bayi Anda ke kamar agar lekas tidur. (Sumarni/Times of India)


(ROS)


Video /