Peringkat ke-2 Kurang Gizi, Pemkab Brebes: Bukan Kurang Makan

Kuntoro Tayubi    •    05 Oktober 2015 14:26 WIB
gizi kurang
Peringkat ke-2 Kurang Gizi, Pemkab Brebes: Bukan Kurang Makan
Ilustrasi bayi sehat. (Ant)

Metrotvnews.com, Brebes: Gizi buruk di Kabupaten Brebes menduduki peringkat ke-2 di Jawa Tengah. Namun, gizi buruk yang dialami warga Brebes bukan karena kurang makan, melainkan infeksi penyakit.

Fakta tersebut disampaikan Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Nurul Aeni saat memberikan materi Pelatihan Orientasi Jurnalis Warga 35 Desa Intervensi Program Keluarga Harapan Prestasi Kabupaten Brebes, Minggu 4 Oktober 2015, di Plaza Hotel Tegal.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Bappeda Brebes bekerja sama dengan UNICEF dan Kementerian PPN/Bappenas dihadiri pada 70 peserta jurnalis warga dari berbagai daerah di wilayah Kabupaten Brebes.

“Penanggulangan masalah kesehatan khususnya gizi telah dilakukan melalui pendidikan kesehatan dan gizi masyarakat, pemberdayaan masyarakat, peningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas,” kata Aeni.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pemantauan pertumbuhan anak balita, pemberian makanan tambahan (PMT) pada anak, ibu hamil, ibu nifas gizi kurang, dan pemberian kapsul vitamin A dosis tinggi pada anak umur 6-59 bulan dan ibu nifas.

Sementara, agar tumbuh kembang janin bagus, pihaknya memberikan tablet tambah darah, dan meminta untuk menggunakan garam beryodium di rumah tangga.

Faedhul Hasan, 27, salah satu peserta pelatihan perwakilan Desa/Kecamatan Ketanggungan sangat antusias dan senang dengan adanya kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sangat baik karena banyak ilmu yang bisa saya dapat tentang kesehatan ibu dan anak sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.


(SAN)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

5 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /