Review MiFi

Menguji MiFi Smartfren Andromax M2Y, Lumayan Bagus

Ellavie Ichlasa Amalia    •    05 Oktober 2015 14:59 WIB
review peripheral
Menguji MiFi Smartfren Andromax M2Y, Lumayan Bagus
Andromax M2Y cukup kecil untuk digenggam di tangan atau dimasukkan ke dalam kantong.

Metrotvnews.com: Di bulan Agustus lalu, Smartfren meluncurkan layanan 4G di 22 kota. Salah satu keuntungan dari layanan 4G adalah kecepatan internet yang lebih baik. Meskipun begitu, untuk dapat memanfaatkan layanan 4G ini, Anda tidak hanya memerlukan kartu SIM yang sesuai, tetapi juga gadget yang sudah dapat terkoneksi dengan layanan 4G.

Untuk itu, Smartfren memang sudah menyediakan beberapa smartphone lini Andromax dengan harga terjangkau, seperti Andromax Qi dan Andromax R. Tetapi, jika Anda sudah memiliki smartphone non-4G dan enggan untuk mengganti smartphone Anda, Smartfren menyediakan perangkat lain yang dapat Anda gunakan untuk menikmati layanan 4G yang mereka sediakan. Perangkat ini berupa MiFi alias Mobile WiFi.

Sejauh ini, Smartfren memiliki 3 tipe MiFi, Andromax M2Y, M2P dan M2S. Kami berkesempatan untuk mencoba menggunakan Andromax M2Y.

Andromax M2Y memiliki bodi kecil dengan desain yang ringkas. Ia memiliki bodi berwarna hitam dengan tulisan Andromax M2Y di bagian tengah dan tombol power di bagian bawah tulisan Andromax. Ia memiliki aksen garis merah yang mengelilingi sisi-sisi Andromax M2Y. 

Saat Andromax M2Y dalam keadaan menyala, Anda akan melihat adanya 4 indikator di bagian atas dan 1 indikator di sebelah tombol power. Di bagian atas, dari kiri ke kanan, Anda akan melihat indikator sinyal, indikator gadget koneksi, indikator Wi-Fi dan indikator WPS (WiFi Protected Setup).

Anda dapat menemukan tombol WPS di bagian sebelah kiri Andromax M2Y. WPS berfungsi untuk mengenkripsi data yang dikirimkan melalui jaringan Wi-Fi. Karena itu, saat Anda sedang mengirim atau menerima data penting, sebaiknya Anda mengaktifkan fungsi WPS.

Saat meluncurkan layanan 4G, Smartfren menyebutkan bahwa layanan 4G mereka telah tersedia di 22 kota. Mereka juga melakukan uji jaringan ke berbagai kota, antara lain ke Surabaya, Malang, Semarang dan Yogyakarta.

Saat menguji Smartfren Andromax M2Y, kami hanya menguji di beberapa titik di Jakarta. Dan layanan 4G Smartfren memiliki kecepatan yang berbeda-beda di setiap tempat.

Inilah tabel hasil pengujian Andromax M2Y. Berdasarkan keterangan Smartfren, kecepatan 4G LTE yang baik adalah minimal 2Mbps. Dengan demikian, hasil di bawah ini sudah tergolong bagus.
 

  Download (Mbps)  Upload (Mbps) 
Lebak Bulus  26,54  3,7
Harmoni 29,53  6,68
Monas 15,69  6,93
Ancol 6,93  6,9
Jatinegara 12,67  2,99
Kedoya 5,56  2,47

Andromax M2Y tersedia dengan harga Rp399.000 dalam 2 warna: hitam dan silver. Andromax M2Y memiliki baterai berkapasitas 2.000 mAh. Ia dapat terhubung dengan maksimal 32 gadget, 31 gadget terhubung secara nirkabel dan satu menggunakan kabel.

Ia dilengkapi dengan microSD yang kompatibel dengan microSD sebesar 32GB. Salah satu kelemahan Andromax M2Y adalah ia akan terasa panas saat menyala terlalu lama.

Mengingat MiFi dari Smartfren bekerja layaknya WiFi, maka satu hal yang kami sarankan adalah sebaiknya Anda mematikan fitur auto-update pada gadget Anda. Meskipun ia berfungsi layaknya Wi-Fi, tetapi ia menggunakan sistem kuota.

Jadi, jika fitur auto-update smartphone Anda tetap aktif, Anda mungkin akan kaget saat kuota Anda mendadak habis.


(ABE)


Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl
Uji Coba Timnas Indonesia vs Hong Kong

Andik Ungkap Perbedaan Timnas Sekarang dan Era Riedl

4 days Ago

Terakhir, Andik tampil saat Timnas Indonesia melakoni uji coba melawan Islandia pada 14 Januari…

BERITA LAINNYA
Video /