Sumber Makanan Habis, Kera Ekor Panjang Serbu Permukiman Warga

Ahmad Mustaqim    •    05 Oktober 2015 15:29 WIB
kemarau dan kekeringan
Sumber Makanan Habis, Kera Ekor Panjang Serbu Permukiman Warga
Kera ekor panjang serbu pemukiman di Desa Cikakak, Banyumas, Jawa Tengah (ilustrasi). (MI/Liliek Dharmawan)

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Puluhan kera ekor panjang menyerang lahan pertanian dekat permukiman warga di kawasan Gunung Api Purba, Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, beberapa waktu terakhir. Kemunculan kera membuat warga resah.

Seorang warga Patuk, Heru Purwanto mengaku kerap menemui kera ekor panjang beberapa hari terakhir. Ia menduga, kera-kera tersebut kehabisan bahan makanan karena terjadi kemarau panjang. 

"Di bawah, kera-kera mencari makan dan minum di lahan pertanian dan pekarangan penduduk," kata Heru, Senin (5/10/2015).

Akibat ada kera yang turun, sejumlah tanaman pertanian penduduk sekitar menjadi rusak. Menurutnya, peristiwa seperti itu hampir saban tahun terjadi.

Warga, lanjutnya, sudah melakukan upaya untuk mengurangi potensi kerugian petani dengan menggiatkan ronda guna menjaga tanaman.

"Kami minta pemerintah ikut membantu mengantisipasi kera yang membuat warga resah. Malahan, ada juga kera yang sampai masuk ke rumah warga mengambil makanan," akunya.

Sementara itu, Camat Patuk, Haryo Ambar Suwardi mengatakan akan membantu warga melakukan penjagaan. Namun, sebagai upaya jangka panjang, Haryo akan menggandengan beberapa dinas untuk menyediakan tanaman buah di atas pegunungan sekitar.

"Untuk beberapa hari ke depan, kita koordinasikan dengan penjual buah atau masyarakat yang memiliki buah untuk mengirim makanan ke lereng pegunungan," pungkasnya. 


(SAN)