Ini Cara Menghitung Harga BBM

Annisa ayu artanti    •    05 Oktober 2015 17:33 WIB
bbm bersubsidi
Ini Cara Menghitung Harga BBM
Illustrasi. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Eksektutif KPBB, Ahmad Safrudin menjelaskan ada dua perhitungan yang tepat mengenai harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Ahmad mengatakan ada dua metode untuk menghitung harga penjualan Premium yaitu dengan metode harga pokok penjualan yakni dengan acuan harga crude oil saat dan motode metode harga pokok penjual yakni dengan acuan crude oil tertinggi.

"Dengan menggunakan metode harga pokok dengan acuan crude oil saat ini, penjualan harga bensin Premium Rp5.044 per liter. Kalau menggunakan perhitungan crude tertinggi, harga Premium saat ini seharusnya Rp6.099 per liter," kata Ahmad dalam media briefing di kantornya, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (5/10/2015).

Kedua metode tersebut, Ahmad menjelaskan memasukan beberapa perhitungan lainnyayakni biaya pengolahan, biaya angkutan laut, dan biaya distribusi.

"Penetapan harga BBM belum mengacu pada harga pokok penjulaan. Juga belum transparan. Kualitas BBM tidak sesuai dengan internasional," jelas dia.

Lebih lanjut, Ahmad mengatakan jika dicoba dengan menggunakan metode border price, harus dengan ketetapan bahwa bensin yang didistribusikan kepada masyarakat harus setara kualitas bensin dipasar internasional. Menurutnya, harga Premium 88 seharusnya Rp6.731,27 per liter.

"Harga itu baru pas dengan kualitas yang setara diberikan premium. Perhitungan harga bbm dengan mengacu pada border price harga internasional juga masih terlalu tinggi dan tidak transparan," ujar dia.

Sebagai informasi,struktur biaya BBM Indonesia = Biaya Pembelian Minyak Mentah (83%) + biaya pengolahan (6%) + biaya angkutan laut (5,8%) + biaya distribusi (3%) + biaya lainnya (1,8%).


(SAW)


Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid
Lionel Messi

Messi Bicara Final Liga Champions dan Kepergian Zidane dari Madrid

1 week Ago

Kapten timnas Argentina itu tak memedulikan berapa pun hasil yang diraih Madrid dalam menghadap…

BERITA LAINNYA
Video /