Federasi Sepak Bola Malaysia Dihukum FIFA

Krisna Octavianus    •    05 Oktober 2015 18:05 WIB
liga duniafifa
Federasi Sepak Bola Malaysia Dihukum FIFA
Pemain Arab Saudi berkumpul di tengah lapangan saat asap "menguasai" lapangan (Foto: AP/Joshua Paul)

Metrotvnews.com, Swiss: Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), Senin 5 Oktober, menjatuhkan sejumlah sanksi kepada Persatuan Sepak Bola Malaysia (FAM). Sanksi terkait kerusuhan penonton saat menjadi tuan rumah pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Arab Saudi pada 8 September.

Suporter Malaysia, yang pada pertandingan sebelumnya kecewa karena timnya dibantai Uni Emirat Arab 0-10, menyalakan suar sehingga asap memenuhi Stadion Shah Alam saat Arab Saudi unggul 2-1 di menit-menit terakhir.

Insiden itu menimbulkan kekacauan di lapangan dan pertandingan diputuskan berhenti sebelum waktu menunjukkan 90 menit. Tidak ada yang cedera, tetapi sebanyak 11 orang ditahan.

Seperti dilansir AFP, Komite Disiplin FIFA dalam pernyataannya menyebutkan bahwa FAM bertanggung jawab atas ulah para penonton pada pertandingan itu. Hasilnya, pertandingan kualifikasi Piala Dunia berikutnya saat Malaysia menjadi tuan rumah bagi Uni Emirat Arab pada 17 November harus dimainkan di stadion tertutup tanpa penonton.

FAM juga diharuskan membayar denda USD40 ribu atau sekitar Rp578 juta. Selain itu, FIFA juga menetapkan bahwa pada pertandingan yang rusuh tersebut, Malaysia dianggap kalah 0-3.

Sementara itu, Ketua Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan bahwa dirinya sangat prihatin dengan kerusuhan tersebut. Ia juga secara pribadi mendukung investigasi yang dilakukan FIFA. (Ant)


(KRS)


Jumpa Shakhtar, Roma Terancam Kehilangan Florenzi
Jelang Shakhtar Donetsk vs AS Roma

Jumpa Shakhtar, Roma Terancam Kehilangan Florenzi

31 minutes Ago

AS Roma terancam kehilangan Alessandro Florenzi saat menghadapi Shakhtar Donetsk pada leg perta…

BERITA LAINNYA
Video /