Mensos: Karang Taruna Tak Hanya Forum Komunikasi

Antara    •    05 Oktober 2015 18:41 WIB
mensos blusukan
Mensos: Karang Taruna Tak Hanya Forum Komunikasi
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa/MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menilai Karang Taruna memiliki kekuatan besar menangani masalah sosial. Karang Taruna lebih kuat dengan kepengurusan nasional.

"Kekuatannya tidak sekadar forum komunikasi," kata Khofifah di sela pengukuhan Karang Taruna di Jakarta, Senin (5/10/2015).

Saat ini, Karang Taruna memiliki otoritas menyiapkan struktur, fungsi, maupun pola koordinasi vertikal maupun horizontal. Karang Taruna juga memiliki otoritas baik secara lokal, regional, nasional bahkan internasional.

Menurut Khofifah, Karang Taruna juga memiliki kekuatan cukup kuat untuk mereduksi pelambatan ekonomi global di tingkat desa. "Jadi melalui SK Mensos pengurus Karang Taruna bukan lagi forum komunikasi. Power yang dimiliki ini akan mendapatkan kekuatan baru karena di dalam UU pemda satu dari layanan dasar adalah layanan sosial," jelasnya.

Layanan sosial tak hanya terkait rehabilitasi tapi juga pemberdayan sosial. Pada tataran pemberdayaan sosial itulah pengurus Karang Taruna di tingkat manapun diharapkan akan membangun penguatan dan sinergi dengan elemen-elemen lainnya terutama kalangan muda.

Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna Didik Mukrianto mengatakan, saat ini Karang Taruna sudah 55 tahun berkiprah sebagai organisasi kepemudaan. Ke depan, Karang Taruna berkomitmen terus mengokohkan peran sosial.


(OJE)


Video /